UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

ASIAN NETWORK Berkunjung ke Kebun Raya Cibodas
Yetty Lestriani - 13-07-2017 13:49:20

cbg_kunjungan asian network.JPG

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata “kebun raya” pastinya adalah berbagai tumbuhan dan pepohonan hijau, nuansa pemandangan indah yang dipenuhi dengan koleksi tanaman-tanaman dari seluruh dunia yang ditanam dalam satu tempat yang cukup luas. Tahukah Anda ada beberapa kebun raya yang ada di Indonesia? Indonesia saat ini memiliki 4 kebun raya di bawah pengelolaan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) diantaranya adalah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Salah satunya kebun raya yang ada di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, yaitu Kebun Raya Cibodas yang berada di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Kebun Raya Cibodas cukup populer dan sering menjadi destinasi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu cagar alam yang menjadi suatu kebanggan Indonesia karena di dalamnya terdapat banyak tumbuhan-tumbuhan dari seluruh dunia. Letaknya yang strategis dan cocok untuk ditumbuhi berbagai macam tanaman di seluruh dunia terutama tanaman yang berasal dari dataran tinggi basah, hal ini menjadikan suatu daya tarik Kebun Raya Cibodas sehingga banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas.

Pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2017, Kebun Raya Cibodas kedatangan 12 wisatawan asing dari Asian Network yang terdiri dari beberapa universitas yang ada di Amerika. Kedatangan mereka kemari tujuannya untuk belajar dan mengenal lingkungan serta budaya Indonesia. Mereka akan menginap di salah satu wisma yang terdapat di Kebun Raya Cibodas selama 2 hari 1 malam.

Para wisatawan asing ini sungguh sangat senang dan menikmati keindahan yang ada di Kebun Raya Cibodas, terlihat saat sedang berjalan mengikuti pemandu untuk mengelilingi sebagian tempat yang ada disini seperti kunjungan ke rumah kaca, tanaman obat-obatan, Taman Lumut dan koleksi Bunga Bangkai. Mereka kagum dengan keindahan alam yang terdapat di Kebun Raya Cibodas.

“Im very excited, this is my first time visit a beautiful place”  ujar salah satu pengunjung, ia menuturkan bahwa ia sangat senang dan baru pertama kali mengunjungi tempat seindah ini, mereka mengaku ingin menetap lebih lama lagi disini tetapi kunjungan tersebut terbatas waktu dan mereka akan melanjutkan kunjungannya ke tempat lain.

(Jasin©Sarah&Ardi)


UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=205