UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Wisatawan Timur Tengah Padati Kebun Raya Cibodas
Yetty Lestriani - 20-07-2017 14:24:36

cbg_IMG_9680.JPG

Setelah libur panjang sekolah berakhir biasanya tempat-tempat wisata sepi dari pengunjung, tetapi tidak dengan Kebun Raya Cibodas yang masih dipenuhi pengunjung dari luar negeri, tepatnya wisatawan dari Timur Tengah. Kunjungan dari wisatawan mancanegara ini membeludak, hampir di setiap sudut Kebun Raya Cibodas dipenuhi pengunjung dari Negeri Onta ini. Tepatnya bulan Juli hingga bulan Agustus adalah libur sekolah bagi anak-anak di Timur Tengah, maka dari itu banyak sekali yang membawa keluarganya untuk berlibur ke Indonesia.

Indonesia adalah negara pilihan mereka untuk berlibur, karena udaranya yang sejuk dan asri bertolak belakang dengan udara di negaranya sendiri yakni panas dan gersang. Di Indonesia sendiri terdapat banyak tumbuhan dan pohon-pohon yang menjadikan udara di sekitarnya menjadi sejuk sedangkan di Timur Tengah kebanyakan gurun pasir. Hal ini membuat pengunjung Timur Tengah terutama anak-anak jarang sekali bermain di alam bebas. Selain itu alasan mereka untuk berkunjung ke Kebun Raya Cibodas yaitu memiliki beragam koleksi tanaman dari dalam dan luar negeri, Taman Tematik yang menarik, pemandangan yang berlatar belakang Gunung Gede Pangrango, dan Air Terjun Ciismun menjadi daya tarik utama mereka untuk datang ke Kebun Raya Cibodas.

Wisatawan dari Timur Tengah ini cukup kritis dalam pembayaran tiket masuk Kebun Raya Cibodas. Mereka banyak bertanya tentang harga dan proses pembayaran tiketnya terutama bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Petugas dari Kebun Raya Cibodas memberikan penjelasan sesuai dengan tarif yang berlaku berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2016. Keterbatasan wisatawan Timur Tengah dalam berbahasa Inggris menjadi salah satu kendala dalam berkomunikasi tetapi hal ini tidak menjadi halangan wisatawan Timur Tengah untuk terus berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Wisatawan dari Timur Tengah saat ini menjadi wisatawan asing paling banyak berkunjung ke Kebun Raya Cibodas selain wisatawan dari Asia, Amerika, dan Eropa. Hal ini menunjukkan bahwa Kebun Raya Cibodas menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat digemari di kalangan wisatawan Timur Tengan dan Kebun Raya Cibodas semakin dikenal di negara yang mayoritas beragama Islam ini.

Dokinfo Kebun Raya Cibodas©Sarah

 


UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=207