UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Eksotika Air Terjun Ciismun Kebun Raya Cibodas
Yetty Lestriani - 31-07-2017 14:41:17

cbg_air terjun ciismun.jpg

Air Terjun Ciismun adalah salah satu air terjun yang berada di Kebun Raya Cibodas dan banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang berkunjung ke tempat yang indah ini terutama wisatawan dari Timur Tengah. Air terjun atau dalam Bahasa Sunda dikenal dengan sebutan ‘Curug Ciismun’ ketinggannya mencapai  25 meter dan lebar di bawahnya mencapai 5 meter ini menyuguhkan pemandangan yang sungguh indah sehingga perjalanan yang cukup panjang terbayarkan.   

Berada di sekitar Air Terjun Ciismun terasa ingin berlama-lama dan tidak ingin lekas pulang, karena udaranya yang sejuk dan jauh dari hiruk-pikuk keramaian kota. Ketika musim hujan tiba aliran Air Terjun Ciismun cukup deras, namun saat kemarau datang aliran dari air terjun ini sudah tak jernih lagi warnanya pun berubah menjadi putih kecoklatan dan tidak terlalu deras. Kondisi yang disayangkan adalah sampah-sampah pengunjung banyak berserakan di sekitar air terjun. Wisatawan yang berkunjung seharusnya mempunyai kesadaran sendiri terhadap sampah-sampah yang dibawanya, agar lingkungan di sekitar air terjun ini tetap asri dan pengunjung lain pun merasa nyaman.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin mengunjungi wisata air terjun. Yang pertama jangan lupa untuk menggunakan sepatu, karena track yang dilalui cukup terjal dan licin. Yang kedua, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman. Sebenarnya di air terjun ini juga tersedia warung yang menjual cemilan namun hanya buka pada akhir pekan saja.

Wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Ciismun ini rata-ratanya anak muda, namun yang sudah berkeluarga pun tak ingin kalah untuk menikmati keindahan dan kesejukannya. “Curug Ciismun ini memberikan pemandangan yang cukup indah ya! ketika saya sampai di tempat ini saya merasa tenang dan rasa lelah pun hilang dengan seketika” ujar salah satu pengunjung.

Dokinfo Kebun Raya Cibodas©Sarah


UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=209