UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Klarifikasi terkait Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas
Kusetiawan - 29-12-2017 19:14:01

cbg_IMG-20171229-WA0036.jpg

Kepada pengunjung Kebun Raya Cibodas (KRC) terkait pemberitaan penarikan tiket masuk & tiket mobil yg seolah-olah dilakukan berkali-kali, mewakili manajemen KRC kami sampaikan klarifikasi sbb:

 

1. Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI adalah Satuan Kerja di bidang konservasi _ex situ_ tumbuhan, dan berada di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

2. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif atas Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, KRC  mengenakan tiket masuk kepada pengunjungnya  sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dimana sebagian besarnya dikembalikan kepada publik dalam bentuk pemeliharaan kebun dsb. Besarnya tarif tiket masuk juga ditetapkan di dalam Peraturan Pemerintah tsb. 

3. Kami sangat memperhatikan kualitas pelayanan publik (termasuk pelayanan kepada pengunjung).  Pelayanan publik di KRC kami selenggarakan dgn sejelas mungkin, semudah mungkin dan tidak merepotkan pelanggan. Perlu kami sampaikan bhw Kebun Raya Cibodas hanya 1 kali saja menarik biaya tiket atas pengunjung & mobil yg masuk, yaitu yg dilakukan di pintu masuk Kebun Raya Cibodas.

4. Pemungutan tiket yg dilakukan di luar loket (pintu masuk) KRC adalah bukan untuk KRC dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan KRC. 

 

Demikian klarifikasi dari kami. Semoga situasinya menjadi lebih clear. Terimakasih.


UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=215