Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Peningkatan Profesionalitas SDM di Unit Satuan Pengamanan
Dwi Novia Puspitasari - 14-03-2018 10:20:23

cbg_20180314.JPG

Sikap profesional adalah salah satu sikap yang dibutuhkan oleh setiap pegawai dalam dunia kerjanya. Hal ini juga sesuai dengan pernyataan dari Lisa Anggraeny yang menyatakan bahwa profesional adalah suatu tuntutan bagi seseorang yang sedang mengemban amanahnya agar mendapatkan proses dan hasil yang optimal. Kebun Raya Cibodas adalah sebuah institusi yang memiliki tugas pokok dan fungsi untuk konservasi ex-situ, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan yang didalamnya sangat berhubungan dengan pelayanan publik.

Satuan pengamanan merupakan salah satu unit yang berada di garda terdepan Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI dan seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan lingkungan objek pengaman, maka tuntutan akan penguasaan prosedur, penggunaan alat dan metode pengamanan semakin berkembang. Oleh karena itu, Satuan Pengaman perlu mendapatkan pengetahuan untuk menunjang pelaksanaan tugasnya. Dalam rangka meningkatkan profesionalitas para pegawai KRC diberbagai lini khususnya di Bagian satuan pengamanan maka KRC bekerjasama dengan Polres Cianjur memyelenggarakan kegiatan pembinaan satuan pengamanan dengan tema “ Peningkatan Profesionalitas Satuan Pengamanan Guna Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Lingkungan Kerja”. Kegiatan ini dilaksanakan di KRC selama 3 hari 2 malam yang dimulai tanggal 13 – 15 Maret 2018 dan diikuti oleh 18 anggota satpam KRC dengan Narasumber sebanyak 11 orang dari Satbimmas Polres Cianjur. Adapun materi yang disampaikan meliputi orientasi lapangan, penggunaan tongkat dan borgol, pengetahuan tentang KUHP, Bela diri, etika pelayanan dan GAM satpam, SOP satpam, PBB, kesamaptaan jasmani, Tindakan pertama tempat kejadian perkara, penangkapan dan penggledahan, pengaturan lalu lintas, pengaturan jaga pengawalan dan patroli serta pembinaan mental.

Sesuai dengan arahan dari Bapak Kepala KRC Dr. R.Hendrian, M.Sc. dalam acara pembukaan pelatihan menyatakan bahwa Satuan Pengamanan adalah garda terdepan dalam pelayanan publik oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sudah seharusnya bahwa kualitas satuan pengamanan juga ditingkatkan mutunya yang meliputi 4 hal yaitu fisik kesamaptaan, yang kedua mental yang meliputi kedisiplinan, sikap perilaku, jiwa pelayanan, pola pikir, yang ketiga keterampilan yang terkait dengan kualitas dalam mengendalikan keamanan dan ketertiban dan yang keempat adalah pengetahuan. Jadi dengan adanya pembinaan ini diharapkan kualitas satuan pengamanan dapat ditingkatkan demi mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan maksimal. (DN)


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=223