Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Kebun Raya Cibodas Berpartisipasi dalam Kegiatan Pelatihan Fotografi dan Desain Publikasi di Kebun Raya Baturraden
Muhamad Muhaimin, S.Si - 16-03-2018 15:27:36

cbg_20180316.jpg

Kemampuan yang baik dalam hal desain publikasi dan fotografi sangat diperlukan oleh kita, terutama bagi orang-orang yang bekerja di bidang kehumasan. Penguasaan yang baik terhadap dua hal tersebut akan membuat materi yang kita miliki menjadi lebih menarik sehingga minat masyarakat untuk mengikutinya pun akan meningkat. Disamping itu, kedua hal tersebut dapat juga diaplikasikan untuk menyampaikan hasil suatu kegiatan yang pada dasarnya sederhana atau biasa menjadi terlihat lebih indah dan berkesan. Hasil dokumentasi yang menawan dan bentuk publikasi yang elegan dapat juga secara tidak langsung ikut meningkatkan citra dan menciptakan kesan mewah dari suatu kegiatan.


Meskipun begitu, ada anggapan yang berkembang bahwa kemampuan tersebut membutuhkan suatu teknik yang rumit dan sulit, padahal teknik dan cara-cara yang lebih sederhana dapat dilakukan untuk membuat desain publikasi yang menarik dan hasil foto yang baik. Dalam rangka meningkatkan kemampuan tersebut, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Baturraden telah melakukan kegiatan “Pelatihan Fotografi serta Desain Publikasi Informatif dan Menarik dengan Cara yang Sederhana” selama dua hari ( 14 – 15 Maret 2018) yang bertempat di area Kebun Raya Baturraden. Pelatihan tersebut mengundang nara sumber yang berasal dari salah satu staf Seksi Jasa dan Informasi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas – LIPI, yaitu Bapak Trisno Utomo. Ia menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut karena sudah memiliki segudang pengalaman yang berkaitan dengan dunia desain publikasi dan fotografi.


Teknik-teknik dasar desain publikasi dan fotografi disampaikan dalam pelatihan ini. Tidak hanya sampai di situ, ia juga mendemonstrasikan teknik-teknik tersebut secara langsung di lapangan. Tips dan trik untuk membuat desain publikasi dan hasil foto yang baik namun sederhana tidak lepas dari materi  pelatihan.


Kegiatan berlangsung dengan baik, para peserta yang datang pun banyak dan beragam. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sebanyak 40 orang yang berasal dari berbagai kota, diantaranya dari Semarang, Magelang, Wonosobo, Karanganyar, dan Purwokerto. Mengingat kegiatan tersebut cukup diminati banyak orang, kegiatan-kegiatan semacam itu sebaiknya dilakukan dan diadakan secara kontinyu guna meningkatkan kualitas publikasi kegiatan yang akan dibuat nantinya. (MM)


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=224