UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Mengenal dan Mencintai Botani Melalui Keindahan Goresan Warna
Intani Quarta Lailaty, S.Si - 17-03-2018 19:16:09

cbg_20180318.jpg

Dalam ilmu Botani terdapat beberapa cabang ilmu yang dapat dipelajari, salah satunya adalah taksonomi tumbuhan. Secara etimologi, taksonomi berasal dari bahasa Yunani: takson, artinya unit atau kelompok, dan nomos yang berarti hukum; sehingga taksonomi dapat diartikan sebagai hukum atau aturan yang digunakan untuk menempatkan suatu makhluk hidup pada takson tertentu. Pengelompokan jenis-jenis tumbuhan dapat didasarkan dari beberapa aspek, morfologi adalah salah satunya. Pengenalan bentuk fisik dan struktur luar tumbuhan dapat mempermudah seseorang untuk mempelajari suatu jenis tumbuhan. Morfologi dapat diamati melalui berbagai indera. Mata adalah lensa terbaik yang digunakan untuk mendefinisikan bentuk suatu objek yang diamati.
Selain pengamatan tumbuhan secara langsung, untuk mempelajari morfologi tumbuhan dapat melalui pendekatan ilustrasi botani. Dalam melukis suatu jenis tumbuhan, diperlukan ketelitian serta pemahaman mengenai detail dan ciri khusus dari objek gambar. Seni melukis botani membutuhkan minat, kesabaran dan keahlian khusus untuk melakukannya. Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas menyadari pentingnya kehadiran ahli ilustrasi botani di dalam sebuah Kebun Raya, khususnya dalam hal taksonomi dan menggambarkan deskripsi suatu spesies tumbuhan. Oleh karena itu, BKT Kebun Raya Cibodas memfasilitasi dua orang staf berkompeten untuk meningkatkan kemampuannya dalam hal melukis botani yang diselenggarakan oleh Indonesian Society of Botanical Artists (IDSBA) bekerja sama dengan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI. Endang Edy Rustandi dan Muhamad Mukhlis Soleh bersama 15 peserta lainnya dari PKT Kebun Raya mengikuti Pelatihan Melukis Botani pada hari Sabtu, 17 Maret 2018 di Ruang Shorea, Graha Samida, PKT Kebun Raya-LIPI. Bersama fasilitator ternama, Eunike Nugroho (IDSBA), para peserta mempelajari teknik melukis botani menggunakan cat air. Adapun objek yang dilukis yaitu anggrek hybrid Phalaeonopsis amabilis. Dalam menggambar botani tidak hanya hasil gambar yang terlihat indah, akan tetapi ada beberapa teknik yang harus dipenuhi, antara lain skala gambar dengan objek harus sesuai dan proporsional; pengaturan cahaya, terutama gelap terang harus diperhatikan; detail morfologi harus tepat, misalnya bentuk helaian daun, tepi daun, tulang daun, bentuk bunga dan jumlahnya, serta penciri khusus tumbuhan tidak boleh dilupakan; serta tidak kalah pentingnya adalah kesesuaian warna hasil ilustrasi botani dengan objek aslinya. Ilustrasi botani tidak hanya menghasilkan keindahan, tetapi juga harus dapat mendeskripsikan ciri tumbuhan objek.
Melukis botani membutuhkan bakat, kesabaran dan minat yang tinggi dalam pengerjaannya. Akan tetapi, ilustrasi botani dapat dipelajari. Hal ini penting bagi para taksonom dan pecinta botani. Jadi, karena belajar itu sepanjang hayat, tidak ada kata terlambat, yuk mulai belajar melukis botani! (IQ)


UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=225