Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Kebun Raya Cibodas berpartisipasi dalam kegiatan penelitian terkait CITES di Sorong, Papua Barat
Muhamad Muhaimin, S.Si - 09-05-2018 14:33:49

cbg_1525324419406_P3070354.JPG

Tim dari Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (BKT KRC) selama 20 hari, dari tanggal 26 Februari hingga 17 Maret 2018, telah melakukan kegiatan penelitian di kawasan Sorong, Papua Barat. Kegiatan penelitian tersebut merupakan bagian dari kegiatan “Studi dan Monitoring Populasi, Sebaran, Keragaman Jenis Satwa dan Flora yang Masuk dalam Appendiks CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of WIld Fauna and Flora)” dengan sub kegiatan yang berjudul “Studi Populasi Tanaman Gaharu di Sorong, Papua Barat”. Kegiatan tersebut berada di bawah Pusat Penelitian Biologi – LIPI sebagai Scientific Authority CITES di Indonesia.

Tujuan dari kegiatan penelitian tersebut di antaranya untuk memberikan rekomendasi terkait CITES, seperti kuota perdagangan dari TSL (Tumbuhan Satwa Liar) tertentu (terutama yang termasuk ke dalam daftar appendiks CITES), yang mana apabila kuota perdagangan dari TSL tersebut tidak dibatasi atau dikontrol, maka kelestarian hidup dari TSL tersebut akan terancam. Kuota perdagangan suatu TSL dapat lebih mudah ditentukan apabila sebaran populasinya di alam telah diketahui dengan baik. Untuk memenuhi hal tersebut, kegiatan penelitian dapat dirancang untuk dilakukan pada kawasan yang masih memiliki data yang kurang tentang kondisi keberadaan dan sebaran untuk jenis - jenis TSL tertentu (terutama yang termasuk Appendiks CITES).

Dalam hal ini, Kebun Raya Cibodas diminta untuk melakukan penelitian mengenai studi populasi dan preferensi habitat dari tanaman gaharu (Aquilaria spp.) di kawasan Sorong, Papua Barat. Data tentang sebaran gaharu di Papua Barat sampai saat ini masih belum banyak diketahui, sehingga penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan. Kebun Raya Cibodas mengirimkan tim yang terdiri dari enam orang, yaitu Destri (Ketua Tim Penelitian untuk KRC), Zaenal Mutaqien, Daseng Ahmad Samsudin, Eko Susanto, Rustandi, dan Emus. Kegiatan penelitian berlokasi di tiga tempat, yaitu Taman Wisata Alam (TWA) Klamono (Kab. Sorong), Kampung Adat Welek (Kab. Maybrat), dan TWA Beriat (Kab. Sorong Selatan). Tim penelitian mengambil data berupa sebaran populasi gaharu dan preferensi habitat dari tanaman gaharu di ketiga lokasi tersebut. Disamping itu, tim KRC juga mengambil spesimen herbarium, tumbuhan hidup, sampel kayu, dan sampel DNA dari tanaman gaharu. Nantinya, hasil penelitian tersebut akan menjadi masukan untuk menentukan kuota perdagangan dari tanaman gaharu, khususnya yang berasal dari kawasan Papua Barat. (MM)


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=237