Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Kebun Raya Cibodas Melakukan Eksplorasi dan Penelitian Tumbuhan di kawasan Gunung Tujuh, Taman Nasional Kerinci – Seblat
Muhamad Muhaimin, S.Si - 09-05-2018 14:40:04

cbg_IMG_7497.JPG

Pada bulan April 2018, Kebun Raya Cibodas (KRC) memberangkatkan sebuah tim untuk melakukan penelitian dan eksplorasi di kawasan Gunung Tujuh, Taman Nasional Kerinci – Seblat (TNKS). Gunung Tujuh secara administratif terletak di Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Gunung tersebut memiliki kawasan hutan yang masih relatif lebat dan terjaga dengan baik. Gunung Tujuh juga terkenal sebagai salah satu lokasi pendakian yang favorit di kawasan Sumatra dan salah satu gunung yang memiliki danau pada ketinggian 2000 meter, yaitu danau Gunung Tujuh. Penelitian tumbuhan cukup menarik untuk dilakukan di Gunung Tujuh karena kawasan hutan yang berada di dalamnya masih cukup luas dan sejauh ini data mengenai keragaman tumbuhan di Gunung Tujuh masih sedikit diketahui.

Kegiatan eksplorasi dan penelitian dilakukan pada tanggal 5 hingga 22 April 2018. Tim KRC yang berangkat ke Gunung Tujuh, yaitu M. Imam Surya (Ketua Tim), M. Muhaimin, M. Mukhlis Sholeh, Dadang Sunandar, dan Ujang Rustandi. Pendanaan dari kegiataan ini berasal dari Kegiatan Tematik KRC yang berjudul “Konservasi Ex-Situ Tumbuhan Pegunungan Sumatera: Eksplorasi dan Penelitian flora dataran tinggi basah”. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua bagian, yaitu eksplorasi dan koleksi tumbuhan di kawasan Gunung Tujuh serta studi analisis vegetasi di kawasan Gunung Tujuh. Eksplorasi dan Penelitian dimulai dari ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut (mdpl) hingga 2000 mdpl. Pada lokasi kegiatan, tim KRC ditemani oleh Pak Muhamadiyah, seorang petugas dari TNKS, dan Pak Subirman, seorang penduduk setempat yang bertugas sebagai pemandu lokal sekaligus identifikator untuk nama lokal tumbuhan setempat.

Selama kegiatan, tim menemukan bermacam jenis pepohonan, di antaranya Medang kertas lebar (Meliosma sp.), Medang tepurung (Psycothria montana), Medang ringgit panjang (Poliosma illicifolia), Medang jambu (Garcinia sp.), Medang tumpuy (Syzygium sp.), Kelat merah (Bouea sp.), Medang lonco lebar (Sterculia sp.), Medang kertas lebar (Elaeocarpus sp.), Medang ringgit lebar (Cryptocarya sp.), Medang labu (Meliosma sp.), Medang ringgit (Aglaia sp.), Medang penjait (Sundacarpus sp.), Medang hijau (Calophyllum sp.), Medang keladi (Persea excelsa), Medang kuning (Rhodolaea sp.), Balam beringin (Elaeocarpus petiolatus), Balam merah (Glochidion sp.), dan Balam tiung (Syzygium sp.). Tim eksplorasi juga menemukan berbagai jenis yang menarik, seperti Rubus spp., Impatiens spp., Begonia spp., dan Rhododendron spp. Tumbuhan yang berada di lokasi penelitian memiliki beragam potensi, di antaranya sebagai tanaman obat, hias, pangan, dan bahan bangunan. Beberapa jenis yang dianggap menarik dan berpotensi diambil koleksi hidupnya untuk kemudian ditanam dan diperbanyak di Kebun Raya Cibodas. Disamping melakukan eksplorasi dan koleksi, tim KRC juga mengambil data vegetasi pada ketinggian antara 1400 mdpl hingga 1600 mdpl. (MM) 


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=238