Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Kebun Raya Cibodas Melakukan Eksplorasi dan Penelitian Tumbuhan di kawasan Hutan Lindung Gunung Sibuatan, Sumatera Utara
Muhamad Muhaimin, S.Si - 09-05-2018 14:53:18

cbg_foto Sibuatan.JPG

Kebun Raya Cibodas (KRC), pada tanggal 5 – 22 April 2018, melakukan eksplorasi dan penelitian di kawasan Hutan Lindung Gunung (HL. G.) Sibuatan, Sumatera Utara. Tim dari KRC yang dikirim ke G. Sibuatan terdiri dari Ikhsan Noviady, Ainun Nadhifah, Yudi Suhendri, Muslim dan Suharja. Kawasan Hutan Lindung Gunung Sibuatan termasuk ke dalam Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) XV Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara. Secara administrasi, lokasi penelitian terletak di Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.

Eksplorasi dan penelitian di HL. G. Sibuatan sebenarnya merupakan yang kedua kalinya bagi KRC. Sebelumnya, KRC pernah mengirimkan tim untuk melakukan eksplorasi pada lokasi tersebut pada tahun 2014. Dipilihnya kembali lokasi G. Sibuatan adalah untuk meningkatkan kembali jumlah koleksi tumbuhan dari lokasi tersebut karena banyak koleksi yang mati akibat cuaca ekstrem yang terjadi di KRC pada tahun 2015. Disamping itu, penelitian tumbuhan di kawasan HL. G. Sibuatan memang masih belum banyak dilakukan.

Eksplorasi dan koleksi tumbuhan di HL. G. Sibuatan dilakukan pada ketinggian 1400 – 2457 meter di atas permukaan laut (mdpl). Beberapa jenis yang menarik dan unik dapat ditemukan di lokasi eksplorasi, mulai dari jenis – jenis anggrek, azalea, begonia, pakis, dan lumut. Disamping itu, tim eksplorasi juga menemukan hutan lumut yang cukup luas dan kondisinya masih bagus (lihat foto). Hutan Lumut di G. Sibuatan berada pada ketinggian 1800 – 2200 mdpl. Disamping eksplorasi dan koleksi, tim juga melakukan penelitian studi analisis vegetasi di zona sub montana HL. G. Sibuatan dan studi keragaman lumut epifit pada kawasan HL. G. Sibuatan.

Mengingat kondisi hutan yang relatif terjaga dengan baik dan masih beragamnya jenis tumbuhan yang ditemukan di kawasan HL. G. Sibuatan, penjagaan terhadap kawasan tersebut perlu untuk selalu ditingkatkan. Penjagaan yang intensif menjadi semakin penting terutama pada akhir – akhir ini kontak antara manusia dengan hutan menjadi semakin meningkat. Hal tersebut karena kawasan HL. G. Sibuatan sudah menjadi lokasi pendakian yang cukup favorit bagi masyarakat umum. Disamping upaya perlindungan dan penjagaan, kegiatan pemanfaatan yang berkelanjutan juga perlu dilakukan agar nilai keberadaan HL. G. Sibuatan juga menjadi meningkat. Untuk itu, diperlukan kembali penelitian tumbuhan secara komprehensif di kawasan HL. G. Sibuatan ke depannya guna mengingkatkan nilai dan potensi tumbuhan yang terdapat di dalamnya, baik nilai secara ilmiah maupun nilai bagi masyarakat di sekitarnya. (MM)


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=239