Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Kebun Raya Cibodas Melakukan Eksplorasi dan Penelitian Tumbuhan di kawasan Blok Hutan Ketambe, Taman Nasional Gunung Leuser
Muhamad Muhaimin, S.Si - 09-05-2018 15:05:22

cbg_foto TNGL.JPG

Pada bulan April yang lalu, Tim dari Kebun Raya Cibodas (KRC) melakukan eksplorasi dan penelitian di kawasan Taman Nasional (TN.) Gunung Leuser. Tim dari KRC yang diberangkatkan ke sana, yaitu Taufikurrahman Nasution, Muhammad Efendi, Dimas Ardiyanto, Nudin dan Muhamad Nur. Eksplorasi dan penelitian dilakukan pada tanggal 5 April hingga 22 April 2018. Lokasi penelitian difokuskan pada kawasan blok Hutan Ketambe, TN. Gunung Leuser.  Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Tematik KRC “Konservasi Ex-Situ Tumbuhan Pegunungan Sumatera: Eksplorasi dan Penelitian flora dataran tinggi basah”

Secara administrasi, Blok Hutan Ketambe termasuk ke dalam wilayah kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi D.I. Aceh. Kawasan tersebut cukup menarik untuk diteliti lebih lanjut, karena kondisi hutannya masih cukup terjaga dengan baik. Disamping itu, penelitian mengenai tumbuhan masih sedikit dilakukan di kawasan tersebut, terutama pada zona dataran tingginya. Menurut Pak Taufik, kondisi hutannya juga bisa dibilang cukup khas, karena hutan pada zona sub montana di kawasan tersebut masih menampilkan vegetasi yang lebih umum ditemukan di zona dataran rendah pada lokasi yang lain, seperti masih ditemukan cukup banyak anggota dari suku Dipterocarpaceae yang sebenarnya lebih umum dikenal pada zona dataran rendah. Blok Hutan Ketambe juga sudah dikenal sebagai salah satu lokasi perlindungan untuk hewan langka orang utan sumatra (Pongo abelii).

Tim KRC melakukan eksplorasi dan koleksi di kawasan Blok Hutan Ketambe. Koleksi yang diambil adalah koleksi hidup berupa anakan atau seedling. Koleksi tersebut kemudian akan ditanam dan diperbanyak di Kebun Raya Cibodas. Eksplorasi dilakukan pada ketinggian 1000 – 1200 mdpl (meter di atas permukaan laut). Selain eksplorasi dan koleksi, tim KRC juga melakukan penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah struktur vegetasi dan komposisi tumbuhan pada zona bukit dan sub montana, pendugaan populasi jenis Begonia leuserensis, dan keragaman jenis Begonia di blok hutan Ketambe. Pada studi vegetasi, dibuat cuplikan sebanyak 20 sub plot yang mana 10 sub plot dilakukan di zona bukit dan 10 sub plot di zona sub montana. Untuk studi keragaman Begonia, penelitian dilakukan mulai ketinggian 585 – 1174 mdpl. Tim KRC juga menemukan jenis – jenis yang unik dan menarik. Salah satunya adalah jenis Paraboea leuserensis (lihat foto), jenis tumbuhan yang hanya dapat kita temukan di dalam wilayah TN. G. Leuser. Jenis tersebut habitatnya pun terbatas pada kawasan batu kapur atau limestone. (MM)


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=240