Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Sivitas BKT Kebun Raya Cibodas Isi Program Ramadhan dengan Kegiatan Tausyiah
Lisnawati - 24-05-2018 09:29:47

cbg_20180524_2.JPG

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, banyak kegiatan yang sangat bermanfaat dan mendapatkan pahala dalam mengisi waktu di bulan ramadhan salah satunya dengan mengikuti Tausyiah Ramadhan.
Sudah menjadi agenda rutin untuk setiap hari Jumat di bulan Ramadhan, keluarga besar BKT Kebun Raya Cibodas – LIPI mengikuti acara Tausyiah Ramadhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 13.00 sampai dengan 14.30 WIB bertempat di Masjid Al-Bustan.

Jumat, 18 Mei 2018 bertepatan dengan tanggal 2 Ramadhan 1439 H merupakan Hari Jumat pertama pada bulan ramadhan di tahun ini. Penceramah pada tausyiah ramadhan di BKT Kebun Raya Cibodas – LIPI kali ini adalah Ustad Edi Kusmayadi.
Dalam Ceramahnya beliau menjelaskan bahwa bulan ramadhan dikatakan bulan yang paling mulia karena bulan ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Quran yang merupakan sesuatu yang paling mulia (Kalammullah yang artinya perkataan Allah) oleh Allah yang Maha Mulia melalui Malaikat Jibril yang merupakan malaikat yang paling mulia, dan diturunkan kepada orang yang paling mulia juga yaitu Nabi Muhammad SAW. Beliau juga menjelaskan bahwa untuk mendapatkan keutamaan dalam ramadhan kita harus melaksanakan paket ramadhan secara utuh yang terdiri atas:
1.    Saum  yaitu menahan diri dari berbagai perkara yang membatalkannya dari mulai terbit pajar subuh sampai terbena matahari/waktu magrib
2.    Sholat di malam hari seperti Qiyamu lail (Sholat dengan bacaan surat-surat panjang), sholat tahajud (dikerjakan setelah tidur)  atau sholat terawih (dikerjakannya dengan tumaninah dengan bacaan tartil)
3.    Tilawah yaitu membaca Al-Quran. Kewajiban kita terhadap Al-Quran adalah membenarkannya, membacanya, menghafalkannya, mentadaburi/mengkaji, dan mengamalkannya.
4.    Sedekah yaitu memberikan sesuatu kepada orang lain, diutamakan kepada yang lebih membutuhkan supaya tingkat keberkahannya lebih tinggi.
5.    I’tikaf yaitu berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT dan bermuhasabah (intropeksi) diri atas perbuatan-perbuatan yang selalu dilakukan.

Banyak pahala yang akan kita dapatkan sekiranya kita melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagaimana yang  dijelaskan oleh ustad Edi Kusmayadi dalam ceramahnya. Semoga apa yang telah diuraikan dan disampaikan dalam tausyiah ini menjadi motivasi bagi seluruh pegawai Kebun Raya Cibodas untuk senantiasa melakukan dan menjalankannya di bulan ramadhan yang penuh dengan keberkahan. Kegiatan tausyiah ini diakhiri dengan doa bersama, semoga Allah SWT selalu memberikan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=243