Terhitung mulai tanggal 25 Juni 2017, Kendaraan Roda 4 diperbolehkan memasuki dan parkir didalam Kebun Raya Cibodas setiap hari. Untuk Kendaraan Roda 2 tidak diperkenankan masuk pada hari Minggu dan Libur Nasional. Terima Kasih

-Kebun Raya Cibodas menuju WBK-
English or other language
Beranda
User: 1 online | Hari ini: 30 kunjungan | Total: 387447 kunjungan | Pencarian:
Kelembagaan
Layanan
Tematik
Penelitian
Link
Kebun Raya Cibodas

Artikel

Sakura bermekaran di Kebun Raya Cibodas
Kusetiawan - 06-02-2015 10:04:47

cbg_Sakura.jpg
Sakura, adalah nama bunga yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Banyak dari kita yang beranggapan bahwa bunga sakura adalah bunga yang identik dengan Negara Jepang dan hanya dapat kita temui di daerah tersebut. tetapi ternyata Sakura juga dapat kita jumpai di Indonesia yaitu di UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI. Di kebun botani peninggalan Belanda ini, sakura ternyata bisa berbunga 2 kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus, suatu hal yang sungguh menakjubkan. Bunga ini mekarnya bisa bertahan sekitar 4 hari dan masa yang diperlukan sejak tumbuh kuncup hingga gugur bunga adalah sekitar 1 minggu. ”kok bisa ya Sakura hidup di Indonesia?”, ”Kok bisa ya Sakura berbunga 2 kali dalam satu tahun di Indonesia?”. Menurut kurator Rosaceae, ternyata hal ini disebabkan karena Kebun Raya Cibodas memiliki ketinggian yang hampir sama dengan habitat asli dari Sakura. Selain itu kontur tanah dan cara perawatan serta iklim itu juga yang mungkin menyebabkan terjadinya pembungaan Sakura bisa terjadi 2 kali dalam satu tahun.

Di Kebun Raya Cibodas memiliki 7 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp, Prunus arborea dan Prunus costata. Di Sakura Garden untuk sekarang ini baru terdapat 5 jenis Sakura yaitu Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana dan Prunus sp, sedangkan jenis yang dikoleksikan untuk saat ini ada tiga jenis yaitu Prunus arborea dari Java, Prunus costata dari Irian/ Papua dan Prunus cerasoides dari Himalaya. Prunus cerasoides adalah jenis Sakura tertua yang terdapat di Cibodas yaitu ditanam pertama kali tanggal 13 Mei 1971 dan sekarang berada di vak XX.B. 21 a,b, sedangkan untuk Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp berasal dari Hatta pada tahun 2002. Sakura Garden sendiri dibuat pada Maret 2007 – Desember 2007 dengan luas 6.647 m2 dan dibuat untuk memperkaya taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Foto-foto yang kami upload saat ini adalah foto sakura yang berada di belakang gedung konservasi dan bukan yang berada di taman sakura. untuk yang di taman sakura pohon sakura masih menggugurkan daunnya jadi belum mulai mekar bunganya. untuk di tempat-tempat tertentu seperti di belakang konservasi, depan laboratorium atas, dekat kolam besar dan dekat dengan rumah kaca sakura sudah mulai banyak yang mekar sehingga bagi yang ingin melihat mekarnya sakura dapat langsung datang ke Cibodas dan tidak harus merogoh kocek yang banyak untuk pergi ke Jepang atau Korea hanya demi melihat Sakura mekar.


Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas
Hit:2746 | Suka 256 | Komentar 1 | Cetak | FB

Komentar

Muhammad Efendi - 16-02-2015 12:57:58
luar biasa ... Indonesia memang negeri yang indah.

Page 1 of 1 |

Nama :
E-mail :
Komentar :
   
    Masukan kode di atas !
   
Statistik Jumlah Kunjungan Website Harian
23-11-2017
30
22-11-2017
131
21-11-2017
144
Statistik Jumlah Kunjungan Website Tahunan
2017
50919
2016
110844
2015
83328
Galeri Foto Artikel
  • Berita
    Berita tentang seputar Kebun Raya Cibodas

  • Keanekaragaman Flora
    Berisi tentang berbagai keindahan dan keunikan dari berbagai flora Kebun Raya Cibodas

  • Koleksi
    Berisi mengenai informasi koleksi-koleksi di Kebun Raya Cibodas

  • Konservasi
    Berisi tentang informasi konservasi yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Lain-Lain
    Berisi informasi-informasi lainnya seputar Kebun Raya Cibodas

  • Layanan
    Berisi informasi-informasi seputar pelayanan Kebun Raya Cibodas

  • Pendidikan Lingkungan
    Berisi tentang informasi pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Penelitian
    Berisi tentang informasi penelitian yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

Artikel lainnya >>
Download Download lainnya >>
Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253
Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233
jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id

Facebook - Twitter - Youtube - Google+



Powered by Cibodas Botanic Gardens ~ © Copyright 2009-2017 Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas ~ Untuk tampilan terbaik, gunakan browser Mozilla Firefox