Terhitung mulai tanggal 25 Juni 2017, Kendaraan Roda 4 diperbolehkan memasuki dan parkir didalam Kebun Raya Cibodas setiap hari. Untuk Kendaraan Roda 2 tidak diperkenankan masuk pada hari Minggu dan Libur Nasional. Terima Kasih

-Kebun Raya Cibodas menuju WBK-
English or other language
Beranda
User: 1 online | Hari ini: 30 kunjungan | Total: 387447 kunjungan | Pencarian:
Kelembagaan
Layanan
Tematik
Penelitian
Link
Kebun Raya Cibodas

Artikel

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Rubus
Kusetiawan - 26-06-2014 10:41:49

cbg_Upload.jpg

Jika kita mendengar kata Blackberry apa yang terlintas dalam pikiran kita?pastinya kita berfikir tentang Handphone, padahal blackberry itu tidak hanya identik dengan nama HP tetapi ada jenis nama tanaman yang bisa kita konsumsi sebagai makanan. Blackberry atau orang lebih mengenalnya dengan rubus adalah tanaman yang termasuk dalam family Rosaceae. Mungkin masyarakat masih banyak yang asing dengan tanaman jenis ini karena tanaman ini tidak sepopuler tanaman strawberry yang telah banyak ditanam di daerah Lembang, Ciwidey dan Cipanas Jawa Barat.

Blackberry merupakan tanaman yang berasal dari Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Tanaman ini telah digunakan di Eropa sejak 2.000 tahun yang lalu untuk makanan, obat dan sebagai tanaman pagar. Di Amerika Serikat jenis Rubus allegheniensis, Rubus argutus, Rubus cuneifolius, dan Rubus canadensis memegang peranan penting dalam pengembangan varietas blackberry. Di Eropa Rubus lacanitus merupakan jenis blackberry pertama yang dibudidayakan. Selain Blackberry ada tanaman rubus lain yang juga enak untuk dikonsumsi yaitu raspberry. Raspberry untuk pertama kalinya ditemukan di Gunung Caucasus di Kepulauan Asia kecil dan mulai dibudidayakan pertama kali oleh suku Troy. Diperkirakan tanaman ini disebarkan oleh orang-orang Romawi ke seluruh Eropa. Di abad pertengahan, raspberry di Inggris mulai populer dan mulai diekspor ke New York pada tahun 1771.

Selain dapat dikonsumsi, tanaman jenis ini juga dapat digunakan sebagai sumber obat yaitu sebagai anti oksidan. Selain itu, dalam News Week Juni 2006, Don Sturn, pemilik Berry Farm, Portland, Amerika Serikat menyatakan kewalahan memenuhi permintaan semua jenis produk berry: strawberry (Fragaria), raspberry, blueberry (Vaccinium), dan blackberry, ketika ahli biologi Gary Stoner dari Ohio State University mempublikasikan hasil penelitiannya bahwa berry dapat mengurangi risiko tumor kolon 60-80 persen pada tikus percobaannya. Hampir 50 tahun lamanya berbagai riset ilmiah menunjukkan bahwa berry merupakan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Saat ini penelitian terbaru ditujukan pada kemampuan berry dalam mencegah serangan jantung dan penurunan kinerja otak. Hingga saat ini penyebaran Rubus sudah ke seluruh dunia kecuali Antartika.

Berdasarkan laporan yang disusun oleh salah seorang taksonom asal Belanda pada tahun 1993 yaitu C. Kalkman, tercatat bahwa ada 25 jenis Raspberry yang tersebar di Indonesia.  Namun, sampai dengan saat ini jenis Raspberry yang terkoleksikan di Kebun Raya Cibodas baru  11 jenis (R. alpestris, R.rosifolius, R.pyrifolius, R.moluccanus, R.lineatus, R.fraxinifolius, R.chrysophyllus, R.ellipticus, R.alceifolius, R.elongatus, Rubus sp.) di Vak I.J. Menurut M. Imam Surya (peneliti rubus di Kebun Raya Cibodas) kegiatan penelitian yang sudah dilakukan hingga saat ini di Kebun Raya Cibodas meliputi  Taxonomi, Pembudidayaan, Pemuliaan dan Perbanyakan. Kegiatan taxonomi dilakukan dengan 2 cara yaitu secara modern (DNA) dan secara klasikal (Morfologi). Untuk kegiatan pembudidayaannya meliputi pembibitan, pemupukan dan produksi. Usaha Kegiatan Pemuliaan sendiri dilakukan dengan 2 metode yaitu mutasi (radiasi dan bahan kimia) dan konvensional (silang). Lebih lanjut, kegiatan perbanyakannya meliputi vegetatif (stek dan in vitro) dan generatif (biji). Untuk memperbanyak jenis-jenis koleksi Rubus di Kebun Raya Cibodas, M. Imam Surya dan kawan-kawan sedang melakukan eksplorasi ke berbagai daerah.

 

Sumber: M. Imam Surya, Phd. dan http://krossx.wordpress.com/tag/tanaman/page/8/

Foto : M. Imam Surya, Phd.

Hit:2018 | Suka 382 | Komentar 1 | Cetak | FB

Komentar

Adimanusia - 29-03-2017 13:40:37
Halo.. Saya ingin bertanya tentang Rubus Niveus, adakah koleksinya di Cibodas..?

Page 1 of 1 |

Nama :
E-mail :
Komentar :
   
    Masukan kode di atas !
   
Statistik Jumlah Kunjungan Website Harian
23-11-2017
30
22-11-2017
131
21-11-2017
144
Statistik Jumlah Kunjungan Website Tahunan
2017
50919
2016
110844
2015
83328
Galeri Foto Artikel
  • Berita
    Berita tentang seputar Kebun Raya Cibodas

  • Keanekaragaman Flora
    Berisi tentang berbagai keindahan dan keunikan dari berbagai flora Kebun Raya Cibodas

  • Koleksi
    Berisi mengenai informasi koleksi-koleksi di Kebun Raya Cibodas

  • Konservasi
    Berisi tentang informasi konservasi yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Lain-Lain
    Berisi informasi-informasi lainnya seputar Kebun Raya Cibodas

  • Layanan
    Berisi informasi-informasi seputar pelayanan Kebun Raya Cibodas

  • Pendidikan Lingkungan
    Berisi tentang informasi pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Penelitian
    Berisi tentang informasi penelitian yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

Artikel lainnya >>
Download Download lainnya >>
Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253
Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233
jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id

Facebook - Twitter - Youtube - Google+



Powered by Cibodas Botanic Gardens ~ © Copyright 2009-2017 Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas ~ Untuk tampilan terbaik, gunakan browser Mozilla Firefox