Belajar menjadi pemandu junior SMP Islam Kreatif Cianjur

kegiatan pembelajaran bahasa inggris dan IPA siswa-siswi SMP Islam Kreatif Cianjur

 

“The latin name of this tree is Cinnamomum burmannii, in Indonesian we call it, Kayu manis” seorang siswa berusaha menjelaskan salah satu koleksi tanaman menarik di Kebun Raya Cibodas menggunakan Bahasa inggris. Siswa tersebut merupakan siswa dari SMP Islam Kreatif yang sedang mengadakan kunjungan ke Kebun Raya Cibodas. Mereka mengadakan kegiatan pelatihan pemandu junior, dimana sejumlah siswa dalam satu kelompok diharuskan mengamati objek tumbuhan bersama pemandu ekowisata Kebun Raya Cibodas, kemudian mereka menjelasakan ulang dalam Bahasa inggris mengenai objek amatan tadi.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah pembelajaran Bahasa inggris dengan IPA, melibatkan bule, karena saya ingin anak-anak berinteraksi secara langsung saat di lapangan dan menjadi ‘guide junior’ untuk memberikan informasi terkait Kebun Raya Cibodas dan koleksi tanamannya” ujar Ibu Nely, guru pengampu kegiatan tersebut.

Didampingi pemandu lokal dari Kebun Raya Cibodas, 30 orang siswa kelas 7 mengamati dan mendengarkan penjelasan dari pemandu ekowisata. Setelah itu, siswa diharuskan untuk memberikan penjelasan kepada volunteer kegiatan yang berasal dari Peru, yaitu Julio dan Daniella. Kegiatan kunjungan pembelajaran dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret 2019, dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 11.30 dan diikuti sebanyak 30 orang siswa putra dan putri.

Sebagai tempat konservasi tumbuhan ex situ yang salah satu fungsinya sebagai tempat pendidikan, Kebun Raya Cibodas memang menjadi pilihan paling tepat bagi para guru untuk mempraktekan ilmu yang telah diajarkan di sekolah. Berbagai kegiatan tentu dapat dilakukan di Kebun Raya Cibodas, salah satunya yang telah dilakukan oleh siswa-siswi SMP Islam Kreatif Cianjur tersebut.