BIMBINGAN TEKNIS MONITORING KESEHATAN POHON

Jumat, 13/12/2019 Kebun Raya Cibodas [KRC] menyelenggarakan Bimbingan Teknis Monitoring Kesehatan Pohon. Bimtek diikuti oleh peserta dari empat kebun raya yakni KRC, KR Bogor, KR  Purwodadi dan KR “Eka Karya” Bali. Acara dibuka oleh Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi, Anggun Ratna Gumilang.  Kegiatan ini mendatangkan sejumlah ahli dan guru besar dari  Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga merupakan penggiat MArI (Masyarakat Arborikultur Indonesia) yaitu Prof. Dodi Nandika (Ahli Entomologi) , Prof. Iskandar Zulkarnain Siregar (Ahli Pemuliaan dan Genetika tanaman) dan  Prof. Lina Karlinasari (ahli Pengujian Kayu).

Pengetahuan monitoring kesehatan pohon masih banyak belum diketahui masyarakat Indonesia, termasuk SDM kebun raya. Oleh karena itu, KRC menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatan kompetensi SDMnya, menjaga kesehatan koleksi tanaman dan  keamanan serta kenyamanan pengunjung.

Prof. Lina Karlina mengatakan, “Penilaian pohon merupakan kegiatan evaluasi kondisi pohon, dengan mendeteksi potensi resiko yang timbul sebagai Tree Risk Assesment. Untuk kebun raya monitoring pohon ini sangat penting terutama di lokasi yang dekat dengan aktivitas manusia, hewan atau dekat dengan bangunan yang dapat menimbulkan korban jiwa dan kerugian materi jika roboh”.

Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, diharapkan setiap kebun raya memiliki SDM bersertifikat keahlian yang handal dalam memonitor kesehatan pohon koleksinya. Selain dari itu, ke depan dapat terjalin kerjasama yang berkelanjutan dengan IPB dan Masyarakat Arborikultur Indonesia.

Naskah: Tatang, editor: Trisno Utomo