istanbul escorts

BIMBINGAN TEKNIS PELAYANAN PRIMA TINGKAT LANJUT DI KEBUN RAYA CIBODAS –LIPI

Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Prima Tingkat Lanjut Kebun Raya Cibodas [KRC] dilaksanakan di Gedung Konservasi KRC tanggal 24-25 September 2019. Bimtek diikuti oleh 70 orang  pegawai Kebun Raya Cibodas dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Kepala KRC Wawan Sujarwo mengapresiasi penyelenggaraan bimtek yang turut melibatkan masyarakat sehingga bimtek ini diharapkan dapat memberikan multiplier effect kepada masyarakat sekitar. Dia juga menyampaikan bahwa kunci pelayanan prima adalah keramahtamahan melayani pelanggan.

“Pelayanan harus dilakukan dengan hati”, prakata Yudi Cahyadipura narasumber Sales Manager Business to Business (B2B) PT iForte Solusi Infotek mengawali presentasinya. Pelayanan dengan hati merupakan pelayanan yang sedang trend masa kini dan pelayanan dengan hati inilah yang disebut dengan pelayanan prima (service excellent), imbuhnya. Tema bimtek yang dibawakan bertujuan untuk mengubah mindset agar kita akan siap menghadapi perubahan.

Dalam kesempatan itu, Yudi menyampaikan konsep Simon Sinek [seorang konsultan manajemen terkemuka] tentang What, Where, When, Who, Why, and How (5W +1H). Konsep Why [mengapa] adalah merupakan konsep yang mendasari seseorang untuk melakukan sesuatu, yang dapat menginspirasi tindakan yang diinginkan.

Dunia saat ini memasuki era revolusi industri 4.0, yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, dan robotic dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Arus globalisasi sudah tidak dapat terbendung lagi masuk ke Indonesia dan ini menjadikan persaingan semakin ketat di dunia industri. Kondisi ini memaksa kita untuk mengubah maindset dengan meningkatkan kemampuan dalam pelayanan, serta membangun personal branding agar mampu bersaing dalam kompetisi global.

Pelayanan prima (excellent service) adalah pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan, sehingga dalam pelayanan prima terdapat dua elemen penting yang saling berkaitan yaitu pelayanan dan kualitas. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memahami pelayanan prima, diantaranya mengenal karakter pelanggan dengan memusatkan perhatian kepada pelanggan dan memberikan pelayanan yang efisien.  Di era digital saat ini, 65% pelanggan lebih senang menyampaikan keluhannya di medsos dibandingkan ke call center, hal ini menjadi perhatian kita dalam melakukan pelayanan dengan menjaga personal branding, imbuh Yudi.
Kegiatan bimtek selama 2 hari tersebut ditutup oleh Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan informasi, Fitri Kurniawati. Fitri  berharap semua peserta bisa memahami pengetahuan tentang pelayanan prima dan dapat mengimplementasikan dalam melayani pelanggan, agar misi dalam membangun pelayanan yang hebat di KRC dapat terwujud.
(Nanang Suryana/Dwi Nokia-Pranata Humas BKHH)