Bimtek Penulisan Naskah World Heritage Site

 

Kamis [14/11/2019] di Kebun Raya Cibodas [KRC] diadakan Bimtek Penyusunan Naskah Nominasi Kebun Raya Bogor sebagai World Heritage Site [WHS] dan keterkaitannya dengan sejarah KRC yang berhubungan dengan pohon Kina.

Kegiatan dibuka oleh Solehuddin, S.IP. , Kepala Sub Bagian Tata Usaha KRC dengan penyampaian berdirinya KRC dan penanaman kina di Cibodas. Dalam acara tersebut, Roseri Rosdy Putri, M.Hum. Kasubbid Warisan Budaya Dunia Kemendikbud menjelaskan bahwa kedatangan tim ke KRC adalah untuk menggali informasi potensi-potensi yang terkait Kebun Raya Bogor [KRB]. Dalam catatan KRB, KRC banyak disebut, salah satunya adalah denah bangunan tua di Cibodas. “Perlu kita lihat kaitan KRC seperti apa, karena dalam urusan warisan dunia, integrity authentic itu sangat diperlukan” kata Roseri.

Diskusi dilanjutkan dengan peninjauan kebun dan melihat bangunan tua serta tanaman Kina (Cinchona pubescens Vahl.) yang pertama kali ditanam di KRC tanggal 1 Januari 1930. Acara ditutup presentasi “Kebun Raya Cibodas dan sejarah kina di Indonesia” oleh Anggun Ratna Gumilang, S.Si., Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi Tumbuhan KRC dan diskusi.

 

Naskah: Dwi Novia Puspitasari 

Editor:Trisno Utomo