Buah Kondang [Ficus variegata Blume] Kebun Raya Cibodas

Pohon dari suku Moraceae ini memiliki nama sinonim Covellia racemifera [Roxb.], Ficus amboinensis Kostel, Ficus variegata var. chloracarpa King, Ficus variegata var. garciae [Elmer] Corner, Ficus variegata var. ilangoides [Elmer] Corner, Ficus variegata f. paucinervia [Merr.] Sata. Sedangkan nama daerahnya adalah lumaput [Indonesia], kondang [Sunda], dan gondang [Jawa].
Pohon ini memiliki tinggi mencapai 40 meter dengan diameter batang mencapai 175 cm. Kulit batangnya cukup tebal dan akan mengeluarkan getah putih apabila disayat. Daunnya bulat telur memanjang, dengan panjang 10-30 cm, lebar daun 5-15 cm, helai daun berambut, licin, dan tiga tulang daun menonjol di bagian bawahnya.
Kondang yang tumbuh baik di hutan hujan tropis ini, di pulau Jawa dapat hidup mulai dari tepian pantai hingga dataran tinggi sampai 1.500 m dpl. Buahnya bulat berwarna hijau kemerahan, merah bergaris putih, terdapat
bintik hijau kekuningan dan bergerombol pada batang dan cabang pohon. Buahnya bisa dimakan langung dan akan terasa nikmat apabila dimakan dengan sambal. Buah yang direbus dapat mengobati disentri, sementara rebusan kulit kayunya digunakan untuk menghentikan murus darah. Akarnya pun dapat dimakan sebagai obat anti racun.
Pohon dengan penyebaran dari Kepulauan Ryukyu dan Taiwan ke Micronesia, Philipina, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua Nugini, Kaledonia Baru, dan Queensland ini memiliki kayu yang tahan lama untuk tiang yang dipasang di air laut atau daerah pantai, dan kayunya sangat baik untuk bahan bakar karena tidak mudah padam.
Kebun Raya Cibodas memiliki koleksi kondang sebanyak 9 pohon yang tersebar di Vak VI.E., VII.B, VII.C., VIII.B, XI.B., XI.C. dan XVI.C.

Penulis dan foto: [TU/TU]