Bunga Terompet Kebun Raya Cibodas

Bunga Terompet ” White Angel’s trumpet” atau Kecubung merupakan tanaman dengan nama latin Brugmansia candida (Pers.) Saff. dan Brugmansia suaveolens (Humb. & Bonpl. Ex Willd.) Bercht. & T. Presl. berasal dari Peru dan Meksiko. Tanaman ini tersebar luas di Amerika Selatan dari Venezuela hingga Chile Utara dan Brazil. (Preissel, U. H.G. 2002). Termasuk suku Solanaceae seperti terong, takokak, tomat dan cabai.

Di Kebun Raya Cibodas (KRC) Brugmansia candida sudah dikoleksi sejak tahun 1936, dan Brugmansia suaveolens mulai dikoleksi tanggal 4 Juli 1981. Saat ini jumlah koleksi Brugmansia candida di KRC ada 7 spesimen, Brugmansia suaveolens 2 spesimen dan Brugmansia sp. 3 spesimen (List of plant collection in CBG).

Tanaman dengan tinggi antara 3-11 m ini berupa semak besar atau pohon kecil dengan batang semi berkayu dan banyak cabang. Daun berwarna hijau, tersusun sepanjang batang berwarna hijau keabu-abuan dengan ukuran 10-30 cm, bergerigi, kasar dan diselimuti bulu-bulu halus.

Tanaman yang dapat diperbanyak dengan stek ini, memiliki bunga seperti terompet yang menjuntai ke bawah dengan panjang 14 – 50 cm berwarna merah muda, putih, hijau, kuning dan jingga/orange. Bunga beraroma wangi saat malam hari sehingga menarik perhatian serangga.

Tanaman ini dapat tumbuh subur pada lahan yang mengandung banyak humus, lembab dan dekat dengan sumber air dengan cahaya matahari yang cukup (L.Grant, Bonnie, Brugmansia Cold tolerance: How Cold Can Brugmansia Get?).

Brugmansia biasanya digunakan sebagai tanaman hias, dan cocok ditanam di sepanjang jalan karena bunganya sangat indah. Walaupun diketahui sangat beracun (Fuller, T. C.; McClintock, 1988), tetapi ternyata tanaman ini memiliki khasiat sebagai tanaman obat. Berdasarkan de Feo. V. 2004, tanaman ini mengandung zat alkaloids yang dapat digunakan sebagai obat anti asma dan anestesi. Di Peru dan Meksiko juga dimanfaatkan sebagai obat luar untuk dermatitis, orkitis, radang sendi, rematik, sakit kepala, infeksi, dan sebagai anti-inflamasi (Schultes, R. E. Ethnobotany and History of Brugmansia).

 

Naskah: Winarni

Editor: Trisno Utomo 

Foto: Trisno Utomo