Kebun Raya Cibodas dalam Pameran Indonesian Science Expo 2019

Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu tempat konservasi tumbuhan dibawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut serta dalam pameran Indonesian Science Expo 2019 yang mengusung tema today and beyond. Pameran Ilmu Pengetahuan ini dilaksanakan mulai 23 hingga 26 Oktober 2019 di Hall 5 ICE BSD Tangerang.
Kebun Raya Cibodas menyiapkan beberapa tanaman koleksi, buah dari tanaman koleksi dan leaflet maupun informasi yang akan dipamerkan, yaitu Bunga bangkai (Amorphophallus titanum), Saninten (Castanopsis argentea), Kupa Landak/anggur brazil (Plinia cauliflora), Sakura(Prunus cerasoides), Rhododendron javanicum, Dahlia, Rubus, dan beberapa koleksi kaktus . Selain itu, pengunjung juga dapat melihat koleksi tanaman sukulen dan kaktus yang ditanam dengan indah dalam akuarium (terarium). Terarium adalah teknik menanam tanaman di dalam wadah  yang terbuat dari kaca atau plastik transparan yang biasanya dijadikan sebagai hiasan, penelitian maupun metode bercocok tanam. Teknik penanaman tanaman ini sudah cukup lama dikenal dan sudah berkembang dengan pesat bahkan tidak hanya tanaman sukulen saja yang ditanam dalam wadah kaca ini, tapi juga beberapa tanaman lainnya.
Dalam pameran nanti, pengunjung juga dapat mencicipi beberapa buah yang dipetik dari tanaman koleksi kebun raya, diantaranya yaitu buah anggur brazil (Plinia cauliflora), buah kesemek (Diospiros kaki), buah Rubus, biji Macadamia dan Saninten.
Jika sahabat Kebun Raya ingin melihat tanaman-tanaman unik yang kami pameran, juga ingin merasakan beberapa buah dari tanaman koleksi kami, atau bahkan ingin membuat terarium dari tanaman sukulen untuk hiasan dirumah kalian, yuk kunjungi stand pameran kami di ICE BSD di stand Kebun Raya Indonesia yang akan memamerkan hasil-hasil penelitian dari Kebun Raya Indonesia.
Kita ketemu besok disana ya!

#kebun_raya_cibodas_lipi #pameran #ISE2019 #today_and_beyond #LIPI

Oeh: Winarni (Pranata Humas BKHH) 

Foto: muslim, dwi novia, winarni