Kebun Raya Cibodas dalam Pameran ISE 2019

Tangerang-Hari ini, 23 Oktober 2019 telah dibuka event Indonesian Science Expo (ISE) yang diselenggaran di ICE BSD Serpong Tangerang. ISE dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Kepala LIPI Laksana Tri Handoko. Dalam sambutannya, Handoko menyampaikan bahwa riset dan inovasi serta iptek mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita. Sesuai dengan fokus pemerintah 5 Tahun ke depan dimana riset dan inovasi terkait dengan SDM Unggul dan pengembangan ekonomi berbasis riset dan inovasi.

“ISE adalah media bagi masyarakat untuk menikmati hasil riset dan inovasi, media bagi pelajar untuk melihat masa depannya sesuai dengan apa yg dicita-citakan” sambung Handoko.

ISE merupakan sarana, ajang komunikasi ilmiah Indonesia, untuk meningkatkan literasi sains di kalangan publik, diikuti oleh berbagai kalangan dari akademisi/universitas, lembaga pemerintah, BUMN, UMKM, pelajar dan mahasiswa.

Penyelenggaraan ISE tahun ini dibarengi dengan penyelenggaraan International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang diikuti sejumlah peserta dari beberapa negara dan memamerkan 150 proyek penelitian. Selain itu juga LIPI memberikan penghargaan young scienties award kepada Dr. Ahmad dalam bidang fisika.

ISE 2019 mengangkat tema “Today and Beyond” dan menampilkan hasil riset dan inovasi bertema keanekaragaman hayati yang menjadi kekuatan Indonesia dalam penelitian agar dapat bersaing dengan negara lain.

Dalam pameran ISE 2019, Kebun Raya Cibodas turut berpartisipasi dalam menyediakan bahan pameran. Beberapa tanaman koleksi dan hasil-hasil penelitian yang dipamerkan diantaranya:
1. Amorphophallus titanum (bunga bangkai), merupakan tanaman endemik Sumatera yang dikoleksi di Kebun Raya Cibodas sejak tahun 2000. Koleksi tersebut telah beberapa kali berbunga dan bijinya telah banyak disemai dan dijadikan tanaman koleksi. Tanaman ini dapat diperbanyak secara generatif (biji) dan vegetatif (umbi).
2. Castanopsis argentea, dikenal dengan nama lokal Saninten atau rambutan hutan. Tanaman ini berasal dari Jawa Barat dan masuk ke dalam suku Fagaceae. Bijinya dapat dikonsumsi dengan dimasak terlebih dahulu dan rasanya seperti kacang mete maupun rebusan biji nangka. Perbanyakan tanaman dengan biji.
3. Prunus cerasoides atau lebih dikenal dengan nama bunga sakura. Dibawa ke Kebun Raya Cibodas dari Himalaya. Tanaman ini dapat berbunga dua kali dalam setahun dan masuk ke dalam suku Rosaceae/mawar-mawaran.
4. Rhododendron javanicum, tanaman asal Jawa Barat ini merupakan maskot dari Kebun Raya Cibodas dan memiliki warna bunga jingga/orange. Berfungsi sebagai tanaman hias dan masuk ke dalam suku Ericaceae.
5. Plinia cauliflora, dikenal dengan nama lokal kupa landak, anggur brazil dan dikenal dengan nama dagang jaboticaba. Tanaman ini berasal dari Brasil dan karena pertumbuhannya yang cukup lambat sangat bagus dijadikan sebagai bahan bonsai. Buah dapat dikonsumsi seperti buah anggur tetapi tanaman ini masuk ke dalam suku Myrtaceae/jambu-jambuan.
6. Echinocactus grussonii, tanaman padang pasir ini dibawa dari Meksiko dan telah banyak dikembangbiakan baik dengan biji maupun setek. Uniknya tanaman ini baru dapat berbunga setelah berusia lebih dari 30 tahun. Dikenal dengan nama lokal gentong emas maupun kaktus kursi mertua.
7. Beberapa tanaman buah seperti Rubus, dahlia dan beberapa tanaman sukulen.

Selain tanaman hidup, Kebun Raya Cibodas juga memamerkan beberapa buah unik yang dapat dikonsumsi diantaranya buah kesemek (Diospiros kaki), arbei (Rubus), anggur brazil (Plinia cauliflora) dan beberapa biji dari hasil tanaman koleksi. Para pengunjung dapat mencicipi buah-buahan unik yang dipamerkan dari Kebun Raya Cibodas di atas dengan langsung mengunjungi stand pameran LIPI di dekat panggung utama.
Kepala Kebun Raya Cibodas, Wawan Sujarwo berharap, dengan mengikuti kegiatan pameran ini, capaian hasil-hasil penelitian dari KRC lebih dikenal oleh masyarakat dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan maupun ekonomi berbasis riset sesuai harapan dari pemerintah.
Ayo sahabat Kebun Raya, ditunggu kunjungannya sampai hari Sabtu tanggal 26 oktober ya!kami tunggu di ICE BSD Serpong Tangerang.

#ISE2019 #kebun_raya_cibodas_lipi #pameran #event_internasional #tanaman_pangan #koleksi #kebun

Winarni (Pranata Humas)