KUNJUNGAN STUDI TIRU KEBUN RAYA MASSENREMPULU ENREKANG (KRME) SULAWESI SELATAN KE KEBUN RAYA CIBODAS (KRC)-LIPI

Kebun Raya Massenrempulu Enrekang (KRME) berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan dan merupakan 1 dari 32 kebun raya daerah yang ada di Indonesia. Pengelolaan KRME berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Enrekang. Tema KRME, yaitu Tumbuhan Kawasan Wallacea.

Kedatangan Tim dari KRME ini rencananya mau bersama-sama dengan rombongan DPRD Komisi II Kabupaten Enrekang, namun satu dan lain hal sehingga anggota DPRD Komisi II tersebut tidak jadi datang ke Kebun Raya Cibodas.
Kedatangan Tim dari KRME yang terdiri atas Kepala UPTD KRME dan didampingi oleh 4 orang staf dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Enrekang disambut oleh Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi, atas nama pimpinan Kebun Raya Cibodas (KRC), didampingi oleh Kepala Tata Usaha, dan Plh. Kepala Seksi Pelayanan Jasa dan Informasi, serta beberapa staf dari Seksi Eksplorasi dan Koleksi. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kebun Raya Massenrempulu Enrekang (KRME), Bustamin dalam sambutannya menyatakan bahwa pengelolaan manajemen KRME saat ini masih bersifat borongan artinya Kepala UPTD melakukan berbagai aspek manajemen mengingat masih terbatasnya sumber daya manusia (SDM) pengelolannya. Namun walaupun begitu sebagai Ka UPTD beliau tidak merasa stress dan tidak merasa tegang, semua pekerjaan beliau kerjakan dengan rasa nyaman. Sebagai Ka UPTD dalam melaksanakan tugas sehari-harinya dibantu oleh PTT sebanyak 17 orang dan THL 30 orang. Kawasan yang dikelola secara efektif baru 154 ha. dari jumlah total 300 ha. Keterbatasan SDM membuat semua staf KRME harus bekerja ekstra, bahkan kadang-kadang mereka bekerja sampai malam dan bahkan hari Minggupun tidak libur, imbuhnya. Sebagai Ka UPTD beliau merasa bangga karena semua stafnya tidak mengenal tanggal merah dan tidak mengenal hari libur mereka tetap bekerja dengan semangat. Semangat para stafnya itulah membuat Ka UPTD merasa betah dan merasa nyaman. Saat ini KRME telah banyak membangun taman-taman tematik dan pembangunan taman tematik tersebut sampai saat ini pembangunannya didanai secara swadaya.
Ka UPTD KRME menegaskan bahwa kedatangannya ke Kebun Raya Cibodas pasti ada sesuatu yang bisa dibawa pulang ke KRME untuk kemajuan pembangunan KRME. Beliau mengatakan kedatangannya ke KRC akan meniru, akan mencontoh hal-hal yang baik dari KRC dan akan mencoba mengimplementasikannya di KRME.
Ada pekerjaan yang sedang dikerjakan saat ini di KRME, yaitu pembuatan embung (penampungan air) yang digunakan untuk pengelolaan tanaman koleksi, imbuhnya.

Tim KRME dalam lawatannya ke KRC mengunjungi pembibitan, rumah kaca anggrek, sukulen, kaktus, dan keliling kebun. (NS).