Mammillaria longimamma DC. Salah Satu Koleksi Kaktus Kebun Raya Cibodas Berasal Dari Meksiko Yang Berstatus Vulnerable (VU)

Sinonim: Mammillaria longimamma var. longimamma, Mammillaria uberiformis Zucc.

Nama Umum: Nipple Cactus, Finger Mound, Finger Cactus, Pinapple Cactus (Inggris)

Mammillaria longimamma merupakan jenis kaktus endemik Meksiko yang tumbuh di daerah

Guanajuato, Hidalgo, dan Querétaro. Kaktus ini tumbuh di daerah batu berkapur  dan tanah vulkanik. Kaktus ini biasanya hidup di bawah tanaman perdu dan vegetasi yang jarang, pada ketinggian 1.000 sampai dengan 2.400 m dpl. 

Deskripsi: Mammillaria longimamma merupakan kaktus yang menarik, berbentuk bundar dengan tinggi mencapai 7,5 cm dan lebar 20 cm. Tuberkel mencapai panjang 7,5 cm. Tiap areola memiliki 10 duri yang berbentuk radial yang panjangnya kurang lebih 2,5 cm, biasanya memiliki satu duri dari  radial bagian tengah dengan panjang 2,5 cm. Duri berwarna kekuning-kuningan dan bagian ujungnya kecoklat-coklatan. Kaktus ini hidup pada awalnya secara soliter, namun mengelompok sewaktu muda dan selanjutnya membentuk kelompok yang padat, bisa mencapai  10-30 (-50) cabang. Bunga relatif besar dengan petal berwarna kuning cerah, stigma kuning. Buah berwarna hijau kemerahan ketika matang.

Mammillaria longimamma di negara asalnya, Meksiko merupakan kaktus yang dilindungi secara nasional karena terancam punah keberadaannya.  Kaktus ini banyak diambil dari alam aslinya secara ilegal untuk dijadikan tanaman hias dan di beberapa wilayah kaktus ini banyak mengalami kematian yang diakibatkan terinjak-injak oleh ternak. Selain itu, di beberapa lokasi di tempat asalnya, kaktus ini digunakan untuk mancing dipakai sebagai umpan yang dikaitkan pada kail.

Menurut IUCN Red List 2017, Mammillaria longimamma dikategorikan sebagai kaktus dengan status konservasi Vulnerable (VU) atau rentan, artinya kaktus jenis ini sedang menghadapi resiko kepunahan di alam liar pada waktu yang akan datang. Jenis kaktus ini trend populasinya di alam menurun.

Menurut database tanaman koleksi Kebun Raya Cibodas (sindata), kaktus Mammillaria longimamma di Kebun Raya Cibodas ditanam sejak tahun 1977, dan dikoleksi secara indoor di rumah kaca. Sampai dengan Januari 2020 Kebun Raya Cibodas memiliki 15 spesimen.

Perbanyakan: biji, offset, dan tuberkel.

Naskah: Nanang Suryana

Foto: Trisno Utomo