MENGUNGKAP POTENSI TANAMAN KOLEKSI KEBUN RAYA CIBODAS Kadamia, Queensland Nut, Macadamia integrifolia Maiden & Betche.

Marga Macadamia mempunyai 9 jenis, termasuk kedalam suku Proteaceae, terdistribusi dari Australia sebelah timur 7 spesies, New Caledonia 1 spesies, dan dari Indonesia (Sulawesi) 1 spesies yaitu Macadamia hildebrandii (C.G.G.J. Van Steenis, 1958).
Macadamia integrifolia mempunyai nama Umum: Queensland nut, nut oak, Macadamia nut, dan orang Sunda menyebutnya Kadamia. Nama Macadamia diambil dari nama John Macadam, MD, Secretaris dari Philosophical Institute di Victoria.
(http://www.macnut.co.nz/history.htm)
Macadamia integrifolia termasuk pohon yang berukuran sedang dapat mencapai tinggi 12 – 15 m, dengan kanopi yang melebar dan membuat pohon berbentuk bulat. Daun tersusun bentuk karangan, tumbuh di cabang-cabang dengan panjang 10 – 20 cm. Daun yang muda bergerigi di tepinya, namun daun yang sudah tua licin. Bunga berwarna cream sampai cream keputihan atau pink dan tumbuh berupa tandan dengan panjang mencapai 30 cm (TK. Bose. P. Das. G.G. Maiti, 1998). Buah keras, terbungkus kulit, berbentuk bulat 2 – 3,5 cm diameternya. Biji berwarna coklat dan licin.
Macadamia integrifolia merupakan tanaman asli dari Australia, ditemukan di hutan hujan di sebelah utara New South Wales dan di Queensland tenggara. Tanaman ini menyukai tempat-tempat terbuka, di tepi-tepi tebing hutan hujan, dan di hutan campuran dengan cukup curah hujan (E.W.M. Verheij and R.E. Coronel eds, 1992).
Di tempat asalnya Macadamia integrifolia mencapai usia dewasa sekitar 10 tahun, dan tingkat anakan mencapai 6 tahun. Macadamia integrifolia telah tercatat berbunga pada bulan Januari, Maret, dan Juni sampai dengan November. Berbuah pada bulan November – Januari dan Maret – April.
Macadamia integrifolia sekarang telah ditanam di beberapa kebun raya, seperti di the Australian National Botanic Gardens, Canberra; Royal Botanic Gardens, Sydney, the Botanic Gardens of Adelaide; Royal Botanic Gardens, Melbourne, dan di Rockhampton Botanic Gardens (http://nutritiondata.self.com/facts/nut-and-seed-products/3123/2 Nuts, macadamia nuts, raw)
Di Kebun Raya Cibodas Macadamia integrifolia ditanam di beberapa lokasi atau vak, yaitu di vak XIV.A.49 2 spesimen, ditanam pada tahun 1978, di vak XIV.A.50 2 spesimen, ditanam pada tahun 1972, dan di Vak IV.A.14. 1 spesimen ditanam pada tahun 1954 (Didik Widyatmoko dkk, 2010). Macadamia integrifolia di vak IV.A.14 merupakan pohon Macadamia integrifolia tertua di Kebun Raya Cibodas dan biasa berbuah sekitar bulan Maret – April.
Masyarakat lokal belum banyak mengetahui manfaat dari biji Macadamia integrifolia, baru sebatas dikonsumsi dalam bentuk segar. Rasa buahnya yang sudah matang agak manis, gurih, dan menyerupai rasa buah kelapa yang sudah tua.

Nilai Penting Macadamia integrifolia
Biji Macadamia merupakan makanan asli dari Australia, diekspor ke luar negeri dalam jumlah yang besar. Sekarang Australia merupakan negara penghasil Macadamia terbesar, kurang lebih 40.000 ton setiap tahun (40%) dari kira-kira 100.000 ton biji Macadamia yang dihasilkan secara global (http://www.scirp.org/journal/nshttp://dx.doi.org/ Natural Science).
Selain bijinya untuk pangan, biji Macadamia juga digunakan dalam kosmetik atau skincare. Biji macadamia menghasilkan minyak, minyak Macadamia ini mempunyai nilai penting secara ekonomi. Minyaknya berharga karena mengandung kira-kira 17% asam palmitoleic sebagai alternatif untuk minyak mink (minyak yang terbuat dari lemak binatang) https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/palmitoleic-acid. Minyak mink ini merupakan bahan atau unsur yang digunakan dalam kosmetik untuk perawatan kulit. https://www.globalhealingcenter.com/natural-health/omega-7.
Menurut hasil penelitian bahwa minyak biji macadamia mengandung antioxidant yang sangat tinggi yang mempunyai efek sangat baik terhadap kesehatan tubuh. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/macadamia-nut-oil.html.
Macadamia nuts atau biji macadamia mengandung type vitamin E yang disebut tocotrienol. Tocotrienol ini memiliki kemampuan sebagai anti kanker
https://www.medicalnewstoday.com/articles/324233.php
Biji macadamia mengandung asam palmitoleic-asam lemak omega 7 yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, monounsaturated fatty acids (MUFAs) yang didominasi oleh asam oleic 60% dan asam palmitoleic 20%. MUFAs akan menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) dan tingkat kolesterol yang semuanya mempunyai efek pada menurunkan risiko penyakit cardiovascular. https://www.scirp.org/journal/nr/.
Biji Macadamia bisa dimakan dalam bentuk segar, direbus, dibakar, atau diproses menjadi minyak dan bahan pangan lainnya.
Nilai penting lainnya dari macadamia, selain bijinya untuk pangan dan obat-obatan, pohon Macadamia dapat ditanam sebagai tanaman hias (ornamental plant) karena memiliki daun yang mengkilat dan bunga yang menarik serta kayunya baik untuk mebelair.
Di Indoensia secara umum biji Macadamia integrifolia belum banyak diketahui orang, padahal tanaman ini mempunyai nilai ekonomi tinggi.

9 Negara Teratas Yang Mengkonsumsi Biji Macadamia
No. Negara Konsumsi (dlm Metrik Ton)
1 United States 8829
2 China 4055
3 Australia 3347
4 Japan 3233
5 Kenya 2634
6 Germany 2011
7 Brazil 1431
8 Canada 1001
9 South Korea 667
Sumber Th. 2018. https://www.worldatlas.com/articles/top-macadamia-consuming-countries.html

Kebiasan Hidup Macadamia integrifolia
Pohon Macadamia integrifolia di daerah tropik dapat berbuah paling baik pada ketinggian 1.000-1.600 m dpl. dengan temperatur berkisar 10 – 26ºC dan dapat toleran pada kisaran 8-35ºC. Curah hujan per tahun berkisar dari 1.000 – 3.000 mm, PH tanah yang dibutuhkan berkisar 6 – 7, dan tumbuh di tempat terbuka. Pohon yang ditumbuhkan dari biji akan berbuah pertama kali pada usia 6 – 7 tahun, sedangkan pohon yang ditumbuhkan dari sambungan bisa berbuah pada usia 3 tahun. Pohon Macadamia integrifolia dapat terus berbuah sampai usia 100 tahun, namun berbuah secara produktif yang bersifat komersial antara 40 – 50 tahun. Pohon berbuah sepanjang tahun. Satu pohon Macadamia integrifolia bisa menghasilkan biji 45 kg (di Hawaii). http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Macadamia+integrifolia
Status konservasi: di Australia, National: Listed as Vulnerable under the Environment Protection and Biodiversity Conservation Act 1999. https://www.environment.gov.au/cgi-bin/sprat/public/publicspecies.pl