Menyikapi Perubahan, Kebijakan Baru dan Internalisasi RB (PMPRB) Bersama Deputi IPH LIPI

 

Jumat [11/10] Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati [IPH] LIPI Enny Sudarmonowati memberikan arahan kepada sivitas Kebun Raya Cibodas [KRC] LIPI terkait tentang pentingnya menyikapi perubahan, kebijakan baru dan internalisasi Reformasi Birokrasi [RB]. Beliau menyampaikan pentingnya membangun hubungan yang baik antara pimpinan [sebagai wakil LIPI] dan pegawai, dimana seorang pemimpin harus dapat melayani, belajar, mengasah komunikasi, proaktif dengan mencari tahu, menginspirasi, menfasilitasi hingga realisasi. Sedangkan pegawai dapat aktif mengingatkan, memberi saran dengan penyampaian yang santun. Selain itu, pegawai wajib mengasah keahlian, keterampilan, bekerja dengan sebaik-baiknya. Salah satunya adalah melakukan inovasi-inovasi baru dengan menambah daftar Perlindungan Varietas Tanaman [PVT].

Dalam rangka Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi [PMPRB] yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sivitas KRC diharapkan dapat mengetahui dan memahami apa yang menjadi sasaran dari RB. Yakni, Pemerintah yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, dan efisien, juga pelayanan publik yang baik dan berkualitas. Hal ini penting, mengingat RB menjadi tanggung jawab dan kewajiban bersama seluruh sivitas tanpa terkecuali.

Saat ini, capaian-capaian Kedeputian IPH LIPI sudah sangat tinggi dan signifikan. Untuk itu diharapkan ke depan prestasi tersebut dipertahankan dan dapat lebih ditingkatkan.

Menutup arahannya, Enny Sudarmonowati mengatakan bahwa internalisasi RB terus dilakukan dan tiap-tiap individu harus berubah secara berkelanjutan. Hal ini penting untuk mendorong pegawai agar lebih memahami ‘kondisi masa depan organisasi’.

RB tidak dapat terpisahkan dari keseharian seluruh pegawai di LIPI. Muara seluruh pelaksanaan RB pada semua tingkatan LIPI dari bawah hingga atas adalah pada Perubahan Pola Pikir dan Perilaku.

Tetap semangat, menuju perubahan yang lebih baik……… 

Trisno Utomo Pranata Humas BKHH

Foto: Dwi Novia