Monev Unit Registrasi BKT Kebun Raya Cibodas

Unit Registrasi Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (KRC) merupakan pusat dokumentasi dan pengolahan data koleksi tumbuhan. Unit kerja ini bertugas mengumpulkan dan mengelola data koleksi tumbuhan, dan memberikan informasi yang valid dan informatif tentang koleksi, sehingga dapat menjadi rujukan bagi stakeholders.

Pada tanggal 20 Januari 2020, Unit Registrasi KRC mengadakan kegiatan Evaluasi, Rencana Kerja, dan Rencana Aksi Registrasi di Tahun 2020. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk semakin meningkatkan kinerja dalam pengumpulan, pengelolaan dan pengolahan data. Capaian penting tahun 2019, diantaranya adalah telah diterbitkannya buku katalog koleksi kebun KRC dalam bentuk manual dan digital, pangkalan data koleksi tanaman, herbarium, dan biji yang telah terkelola dengan baik, serta peta kebun yang berisi lokasi koleksi tanaman sesuai dengan titik asli tanaman di Kebun. Melalui peta digital KRC, pengunjung dapat mengetahui titik lokasi tanam sebuah spesimen. Peta ini dapat diakses oleh masyarakat melalui website KRC pada kanal sindata. Pengunjung yang ingin mengetahui dimana sebuah tanaman berada, dapat mencari langsung melalui peta digital tersebut.
Hadir dalam monev tersebut, Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi Kebun Raya Cibodas, Anggun Ratna Gumilang, S. Si. dan seluruh staf Unit Registrasi. Anggun menyampaikan pentingnya data dan publikasi tentang tanaman koleksi. Beliau berharap ke depan akan terus dilengkapi dan ditingkatkan updating data koleksi yang dapat diakses oleh masyarakat umum.

Naskah: Yudi Suhendri dan Winarni

Editor: Nanang Suryana

Foto: Yudi Suhendri