Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

SINDATA Aplikasi Data Tanaman Koleksi KRC
Yetty Lestriani - 28-11-2018 10:49:02

cbg_sindata.jpg.jpg

Kebun Raya Cibodas adalah kawasan konservasi ex-situ dengan beragam flora yang menarik dan unik. Saat ini KRC memiliki koleksi tanaman 11.819 spesimen yang berasal dari beberapa ekoregion. Untuk mengetahui koleksi tanaman tersebut dapat melalui sebuah aplikasi bernama SINDATA.

SINDATA atau Sistem Informasi Data Tanaman adalah suatu aplikasi pengolah data tanaman koleksi, penyimpan data, dan dapat menampilkannya kembali data tersebut manakala dibutuhkan. Kehadiran aplikasi SINDATA di Kebun Raya Cibodas merupakan media yang menghubungkan informasi data tanaman koleksi Kebun Raya Cibodas kepada pengguna informasi atau masyarakat umum tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi SINDATA selain dapat menampilkan data tanaman juga dapat menampilkan data iklim mikro di Kebun Raya Cibodas yang terkinikan (update) setiap lima menit sekali dan dapat menampilkan informasi geogrfis dari tiap jenis tanaman koleksi.

Dengan SINDATA kalangan akademisi, peneliti, mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum dapat dengan mudah, murah, cepat, dan informatif mengakses berbagai informasi tanaman koleksi yang ada di Kebun Raya Cibodas. Aplikasi SINDATA merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan dua aplikasi lainnya dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi penggunanya (user). (YL/AD)

visit : http://sindata.krcibodas.lipi.go.id


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=253