Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
Artikel - Berita

Satu Hari Berinteraksi dengan Tumbuhan Ternyata Menyenangkan
Yetty Lestriani - 28-11-2018 15:07:27

cbg_pelatihan 5.jpg

Tumbuhan adalah makhluk Tuhan yang bernafas, butuh makan, minum dan seperti mahluk hidup lainnya memiliki peran dalam kehidupan dan ekosistem alam. Selayaknya makhluk hidup yang lain, tumbuhan memiliki sistem tersendiri untuk menopang kehidupan dan berkomunikasi dengan sesamanya untuk mendapatkan nutrisi dan memberikan sinyal terhadap ancaman. Pada hakikatnya, tumbuhan itu bersifat komunal dan tidak hanya sekedar berkompetisi dalam memperjuangkan kehidupan (Grant, 2018).

Ternyata banyak yang belum mengetahui bahwa intuisi dan persepsi energi alami yang berasal dari pohon dapat dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki kesehatan manusia dan semua itu dapat dipelajari. Seperti halnya yang dilakukan oleh para peserta pelatihan mengenai bagaimana belajar berinteraksi dengan tumbuhan yang dilaksanakan oleh BKT Kebun Raya Cibodas pada tanggal 23 November 2018 dengan 24 orang peserta dan 2 orang narasumber dari Perancis dan Singapura yaitu Dr. Claire Elouard, Phd dan Bian Tan, M.Sc. Tujuan dari pelatihan itu adalah untuk mengenal dan mempelajari manfaat pohon terhadap manusia, mengenali dan mempelajari perilaku tumbuhan sehingga dapat dimanfaatkan. Melalui informasi, kontemplasi dan visualisasi, eksplorasi energi pohon dan berbagi pengalaman diantara perserta diharapkan peserta dapat memahami dan menyeimbangkan energi antara manusia, pohon dan alam.

Para peserta merasa senang dengan kegiatan pelatihan tersebut. Ternyata satu hari bukan waktu yang cukup untuk mempelajari perilaku pohon, energi yang ada di pohon, interaksi antara manusia dan pohon. Masih banyak yang harus dipelajari lebih lanjut, tetapi dengan waktu yang hanya satu hari tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta pelatihan karena kebanyakan dari peserta merasa senang bisa mendapatkan ilmu baru mengenai interaksi manusia dengan pohon sehingga untuk kedepannya dapat dimanfaatkan dalam kegiatan konservasi dan pendidikan lingkungan. Mereka berharap agar kegiatan tersebut dapat berlanjut karena minimal dibutuhkan waktu 5 hari untuk bisa melatih pemahaman mengenai tumbuhan, komunikasi dan interaksi antar sesama tumbuhan dan antar tumbuhan dan manusia, pemahaman tentang energi tumbuhan dan pemanfaatannya untuk kesehatan manusia.

Oleh                : Dwi Novia P

Sumber            : Anggun Ratna Gumilang, S.Si.

Foto                 : Solehuddin, S.IP.


Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI: http://krcibodas.lipi.go.id
Versi online: http://krcibodas.lipi.go.id/artikel_detail.php?id=254