KEBUN RAYA KUNINGAN MELAKUKAN PENINGKATAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN MENGADAKAN PELATIHAN IDENTIFIKASI TANAMAN DAN INSPEKSI KEBUN

Pelatihan identifikasi tanaman dilaksanakan di Gedung Informasi Kebun Raya Kuningan (KRK) (21/10/2019). Pelatihan identifikasi tanaman diikuti oleh 36 peserta pegawai KRK dan hadir sebagai narasumber, Pengawas Herbarim Kebun Raya Cibodas (KRC), Rustandi.
Sebelum pelatihan identifikasi, dilakukan pre test untuk mengetahui kemampuan awal peserta, sampai sejauh mana peserta telah memahami dan mengetahui nama-nama suku tanaman yang ada pada tanaman koleksi di KRK. Pre test dilaksanakan dengan cara menyajikan beberapa contoh suku tanaman dan peserta harus menebaknya.
Rustandi, dalam pemaparan materinya menyampaikan ciri-ciri 19 suku tanaman dari 52 suku tanaman koleksi kebun yang ada di KRK, diantaranya suku Apocynaceae, Acanthaceae, Anacardiaceae, Annonaceae, Bignoniacaea, Burseraceae, Ebenaceae, Euphorbiacaea, Fagaceae, Lamiaceae, Lauraceae, Myrtaceae, dan Sapindaceae. Dalam pelatihan tersebut, Rustandi lebih menekankan pada ciri-ciri khusus (spot-characters) dari suatu suku tanaman. Diantaranya pada tanaman suku Acanthaceae mempunyai ciri khusus buku-buku yang membengkak (swollen nodes); ciri khusus pada batang atau cabang tanaman Apocynaceae yang mempunyai terminalia branching; ciri khusus pada getah Anacardiaceae akan berwarna hitam kalau terkena udara atau berada secara terbuka, begitu juga suku Euphorbiaceae pada Bischofia javanica getahnya akan berwarna kemerah-merahan apabila dalam keadaan terbuka; ciri khusus aroma pada suku Myrtaceae yang akan mengeluarkan aroma khas apabila daunnya diremas atau dipetik; salah satu ciri khusus daun penumpu atau stipula (intrapetiolar stipules) pada suku Rubiaceae.
Rustandi, selain memberikan pelatihan identifikasi secara teoritis di ruangan juga melakukan identifikasi tanaman koleksi kebun yang ditanam di delapan vak. Identifikasi tersebut untuk membetulkan nama-nama yang masih salah dan meragukan, seperti tanaman yang baru diketahui nama marganya atau tanaman masih sp, dan tanaman yang idetermined. Untuk nama tanaman yang sudah diketahui namanya, langsung dikukuhkan dan dicatat oleh bagian Registrasi dan untuk tanaman yang belum diketahui namanya, diambil sampelnya dan dibuat herbarium untuk diidentifikasi lebih lanjut.
Dalam rangka persiapan penerbitan katalog tanaman koleksi kebun tahun 2020, pendamping, identifikator, dan tim dari KRK melakukan inspeksi kebun bersama. Inspeksi kebun menggunakan form atau blanko-blanko kegiatan inspeksi yang sudah standar perkebunrayaan. Blanko yang digunakan meliputi Model D2 (Pendaftaran Bibit Tanaman Koleksi Baru), Model D3 (Bibit Tanaman Yang Telah Ditanam Sebagai Koleksi Baru), Model D4 (Tanaman Mati Koleksi Kebun/Tematik), Model D6 (Perubahan Nama Tanaman Koleksi), dan blanko lainnya. Kegiatan inspeksi bersama ini selain persiapan penerbitan katalog juga dalam rangka transfer pengetahuan cara-cara inspeksi tanaman koleksi kebun dari pendamping dan identifikator kepada staf KRK.
Nanang Suryana
Pranata Humas Madya
BKHH Kawasan Cibodas
Oktober 2019