PELATIHAN IDENTIFIKASI TUMBUHAN DAN BOTANICAL ILLUSTRATION  DI KEBUN RAYA CIBODAS

Selama 2 [dua] hari 5-6 November 2019, di Kebun Raya Cibodas [KRC] diadakan kegiatan Pelatihan Identifikasi Tumbuhan dan Botanical illustration dengan peserta lebih dari 20 orang peserta dari KRC, dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Rapat Magnolia Gedung Pendidikan Konservasi KRC dan dibuka oleh Kepala KRC, Dr. Wawan Sujarwo.

Hadir dalam pelatihan tersebut, Bian Tan sebagai narasumber identifikasi tumbuhan yang merupakan seorang environmentalist berpengalaman di bidang perkebunrayaan dan pernah sebagai koordinator program Asia Tenggara untuk BGCI, advisor pengembangan kebun raya baru di Myanmar, trainer pendidikan lingkungan, konservasi tumbuhan dan pengembangan sumberdaya manusia  di Kamboja, Indonesia, dan Philippina. Sedangkan narasumber ilustrasi botani  adalah Lucinda Law, seorang artis watercolour, penulis/editor, pengajar dan pendiri Within [studio dan konsultan kreatif tema alam]  serta botanical illustration di Kew Gardens, London. Lucinda juga mengajar berbagai workshop dan kursus botanical arts di Singapura dan retreat kreatif bekerjasama dengan Kebun Raya Queen Sirikit, Chiang Mai (Thailand).

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan identifikasi tumbuhan dan  ilustrator botani. Mempererat kerjasama dengan tenaga ahli botanical illustration dan botanist yang memiliki keperdulian terhadap Kebun Raya Indonesia.

Tatang, Pranata Humas BKHH