Pelatihan Identifikasi Tumbuhan

Kebun Raya adalah kawasan konservasi tumbuhan secara ex situ yang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasi dan ditata berdasarkan pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik, atau kombinasi dari pola-pola tersebut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan [Perpres No.93 Tahun 2011].

Kebun Raya Cibodas [KRC] adalah kebun raya yang mewakili salah satu dari 47 ekoregion yang ada di Indonesia. Dan untuk menunjang tugas fungsi kebun raya di bidang konservasi ex-situ, penelitian dan pendidikan, kegiatan identifikasi tumbuhan memegang peranan yang sangat penting. Mengingat identifikasi tumbuhan merupakan proses untuk mengungkap tanaman secara detail, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Identifikasi tumbuhan akan membantu menetapkan identitas suatu tumbuhan, baik nama tanaman, suku, marga, dan jenisnya, maupun data dukung lainnya.

Identifikasi tumbuhan sangat dibutuhkan, terutama saat kegiatan eksplorasi di hutan, mengingat banyak tanaman yang ditemukan belum diketahui identitasnya. Dengan kemampuan identifikasi yang baik, maka tanaman-tanaman hasil eksplorasi tersebut akan dapat diketahui secara benar, sehingga memudahkan pencatatan data tanaman secara lengkap, karena itulah kemampuan mengidentifikasi tumbuhan, sangat penting untuk dimiliki. Dalam rangka meningkatkan kemampuan tersebut, KRC mengadakan kegiatan pelatihan identifikasi tumbuhan yang rutin diadakan setiap hari Rabu. Pelatihan diikuti beberapa pegawai KRC, dibimbing oleh Rustandi B yang merupakan pegawai senior KRC yang berpengalaman di bidang identifikasi tumbuhan.

Dwi Novia Puspitasari, Pranata Humas BKHH, foto:Tatang