istanbul escorts

POHON UANG DI KEBUN RAYA CIBODAS

Pachira aquatica Aubl. adalah nama latin money tree atau dikenal dengan sebutan “pohon uang”. Di Indonesia pohon ini populer dengan nama pohon pachira. Secara fisik, pohon tersebut pada usia dibawah satu tahun,  terutama pada bagian daunnya mirip tanaman singkong. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan bisa tumbuh baik di Kebun Raya Cibodas. Pachira disebut pohon uang, karena pohon ini memiliki mitos sebagai pohon pembawa rezeki bagi pemiliknya, juga sebagai simbol kemakmuran dan kesejahteraan.

Bunganya cukup cantik, seperti rambut pada jagung;  benang sari 180-250 buah pada setiap kuntum bunga, berwarna kuning tua pada ujungnya,  menjulang ke atas;  kelopak seperti kulit pisang dengan panjang 18-30 cm dan lebar 2 cm. Kulit kayunya yang relatif halus, warna coklat sampai abu-abu dan cabang muda berwarna hijau cerah.

Pachira banyak dijual sebagai tanaman hias dengan batang yang bisa dikepang seperti bonsai. Pachira dibudidayakan untuk kacangnya yang dapat dimakan. Kacangnya tumbuh dalam polong  kayu yang cukup besar dengan panjang kurang lebih 15 cm,  berwarna coklat muda, bergaris putih sekitar 2-3 cm. Buahnya dapat langsung dimakan mentah atau digoreng terlebih dahulu lalu dinikmati seperti cemilan sambil minum secangkir kopi. Buah dapat digiling seperti tepung sebagai bahan untuk membuat roti. Buah pachira memiliki khasiat sebagai sumber pembersih racun dan meredakan serangan jantung berdebar. Kulit kayu bermanfaat sebagai larutan tonik, penyegar, penguat untuk menambah darah dan dapat mengobati sakit perut serta kepala pusing. Daun yang sudah tua diseduh seperti teh yang berfungsi untuk merangsang pertambahan darah merah dan dapat menurunkan tekanan darah.

Perbanyakan pachira sangat mudah, hanya dengan menyemai bijinya sebagai bibit. Penanamannyapun tidak memerlukan biaya besar, sama seperti kita menanam cabe atau bawang merah. Dan selama masa tanam, tidak memerlukan pemupukan atau penyemprotan insektisida. [Trisno Utomo/Pranata Humas Penyelia]

Untuk melihat videonya bisa buka di link youtube: https://youtu.be/va5Pw2wLEQ4

Jangan lupa untuk like dan subscribe ya!