SMKN 3 Pandeglang presentasikan kegiatan praktek kerja lapangan [PKL] di Kebun Raya Cibodas [KRC]

Senin [04/11/2019] siswa SMKN 3 Pandeglang mempresentasi kegiatan hasil kegiatan magang mereka di KRC selama 2 [dua] bulan dari tanggal 9 September 2019 sampai dengan 9 November 2019. Presentasi yang dilaksanakan di Ruang Cyathea Gedung Pengelola KR tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para siswa dapat menyerap materi yang telah diberikan para pembimbing lapangan selama kegiatan PKL.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Eksplorasi dan Koleksi, Anggun Ratna Gumilang, S.Si. dihadiri Kepala KRC, Dr. Wawan Sujarwo, PUP Koleksi, Eko Susanto, A. Md., pembimbing lapangan dan unit pelayanan jasa dan Informasi.

Selama kegiatan PKL, 10 [sepuluh] orang siswa SMKN 2 Pandeglang jurusan Teknik Inventarisasi Pemetaan Hutan dan Teknik Konservasi dan Sumberdaya Hutan tersebut dibimbing oleh teknisi litkayasa KRC yaitu Elan, Daseng Ahmad Samsudin, Dadang Sunandar, Abidin Ibrahim dan Ujang Rustandi. Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya monitoring kesehatan pohon, identifikasi tumbuhan, pengamatan pembungaan dan pembuahan, inspeksi tanaman, pemetaan, pembibitan, herbarium, pemeliharaan kebun dan koleksi, pengendalian hama dan penyakit, inventarisasi flora, dan kegiatan pendidikan lingkungan/pemanduan.

Layanan PKL atau magang merupakan salah satu layanan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kebun raya yakni pendidikan. Layanan ini ditujukan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin belajar dan mengetahui tentang perkebunrayaan, konservasi serta administrasinya. Untuk mendapatan layanan tersebut, calon peserta mengajukan surat permohonan kepada KRC dengan melampirkan proposal kegiatan.

 

Winarni, Pranata Humas Penyelia