KOLEKSI LIANA KEBUN RAYA CIBODAS

Liana adalah tumbuhan yang berakar pada tanah, namun batangnya membutuhkan penopang dari tumbuhan lain agar menjulang ke atas sehingga daunnya dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup. Keberadaan liana di hutan merupakan salah satu ciri khas hutan hujan tropis, dimana liana dapat tumbuh besar dan membentuk lapisan tajuk di hutan. 

Liana memiliki manfaat yang besar untuk ekosistem hutan, termasuk memberikan manfaat bagi satwa, dimana akar liana yang menjalar atau menggantung bisa menjadi sarana bermain dan buahnya dapat dimakan oleh satwa. 

Beberapa jenis liana memiliki potensi obat, seperti Arcangelisia flava sebagai obat luka, dan Kadsura sebagai obat untuk wanita yang habis melahirkan. Kadsura memiliki daun berbentuk hati, buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan merambat di pohon. Tumbuhan ini termasuk jenis liana yang sulit diidentifikasi di alam. 

Kebun Raya Cibodas telah mengkoleksi liana ini yang ditata sesuai dengan nilai estetikanya dalam bentuk Taman Tematik Liana. Taman yang memiliki luas area 1.200 M2 ini dibangun dan diresmikan pada tahun 2017 dan mampu menampung sekitar 300 nomor koleksi. Sebagian besar koleksi taman liana berasal dari hutan pegunungan Indonesia, khususnya pulau Jawa dan Sumatera. 

Beberapa koleksi menarik dalam taman liana yaitu Kadsura scandens (Blume) Blume asal Aceh, Schefflera aromatica (Blume) Harms asal Jambi, Smilax zeylanica L. asal Sumatera Barat dan Rubus moluccanus L. asal Jawa Barat.

Naskah: Dwi Novia Puspitasari

Editor&foto: Trisno Utomo