TAMAN MAWAR KEBUN RAYA CIBODAS

Tanaman mawar atau  marga Rosa termasuk ke dalam suku Rosaceae. Marga ini kurang lebih memiliki 140 jenis, 95 jenis berasal dari Asia, 18 jenis dari Amerika Utara, dan sisanya dari Eropa dan barat laut Afrika. Mawar terdistribusi secara luas di belahan bumi utara. Tanaman mawar diperkirakan sudah diketahui sejak 2.350 tahun sebelum Masehi  (David Austin, 1998).

Tanaman mawar merupakan tanaman perdu berkayu menahun, bersifat memanjat atau menjalar dan batang pada umumnya berduri. Tanaman mawar akan terus berbunga sepanjang tahun selama kondisi lingkungannya mendukung. Tanaman mawar dapat beradaptasi tumbuh di daerah  dingin, hangat bahkan di daerah tropik yang panas. Tanaman mawar sangat variatif  bentuk dan pertumbuhannya. Pertumbuhan mawar mini  mencapai tinggi 15 cm sedangkan  mawar yang besar yang memanjat bisa mencapai tinggi 15 m (David Austin, 1998). Begitu juga ukuran daunnya dari yang berukuran kecil sampai dengan  berukuran besar.

Tanaman mawar memiliki nilai atraktif tersendiri sehingga tanaman ini bisa digunakan untuk berbagai dekorasi taman-taman kecil atau taman yang berukuran besar. Tanaman mawar bisa ditanam sebagai  batas-batas taman atau sebagai pagar, bisa juga digunakan sebagai tanaman hias pada dinding dan pergola, terutama mawar yang tumbuh merambat (Peter Beales, 1988). Mawar bisa ditanam untuk hiasan secara individual atau ditanam berkelompok sebagai taman tematik dengan aneka ragam bentuk, warna bunga, dan  kultivar.

Sekarang tanaman mawar ditanam tidak hanya sebagai tanaman hias dan bunga potong, namun juga digunakan untuk berbagai produk,  mulai dari produk parfum, obat-obatan sampai dengan makanan (L.P.A. Oyen and Nguyen Xuang Dung, 1999) .

Kebun Raya Cibodas memiliki taman mawar yang berlokasi tidak jauh dari pintu gerbang 2, berjarak kurang lebih 50 m atau tepatnya di sekitar kolam air mancur di depan gedung Konservatorium. Taman ini diresmikan pada April 2019. Taman mawar tersebut menampilkan sebanyak 302 pohon dari 7 hibrid, mulai dari yang berukuran tinggi 50 cm sampai dengan 250 cm. Taman mawar ini menyuguhkan aneka warna mahkota bunga yang menarik  mulai dari putih, pink, merah muda, sampai dengan merah tua. Mawar adalah lambang kesetiaan, cinta, dan lambang kecantikan.(NS/TU)