ADAPTASI KEBIASAAN BARU PEGAWAI KEBUN RAYA CIBODAS

Sahabat Kebun Raya Cibodas, akhir-akhir ini pasti sering mendengar istilah “Kebiasaan Baru” atau New Normal, dari berbagai media informasi. Baik itu dari televisi, media masa, atau media elektonik lainnya. Apa sebenarnya, “Kebiasaan Baru” atau New Normal ini? Apakah sahabat sudah mengetahuinya?

Prof. Wiku Adisasmito, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, “New Normal merupakan perubahan perilaku untuk menjalankan aktivitas normal, dengan menerapkan protokol kesehatan, sebagai upaya mencegah penularan Covid-19”.

Saat ini, pandemi Covid-19 belum berakhir. Namun, berdasarkan statement Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo pada konferensi pers, Jumat (15/05/2020), beliau mengatakan bahwa suatu saat masyarakat bisa hidup berdampingan dengan Covid-19 sebagai titik tolak menuju tatanan kehidupan baru. Beliau juga menegaskan bahwa masyarakat dapat beraktivitas kembali dengan tetap melawan ancaman Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
  
Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah sudah mengeluarkan bebagai peraturan terkait protokol kesehatan Covid-19. Begitu pula dengan LIPI. Kepala LIPI, Bapak Dr. L.T. Handoko mengeluarkan Surat Keputusan No 135/E/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai dalam Tatanan Normal Baru. Selain mengatur pola kerja pegawai, SK tersebut juga mengatur protokol kesehatan Covid-19 di lingkungan kerja LIPI.

Berdasarkan Sistem Tatanan Normal Baru di lingkungan kerja LIPI, pegawai di Kebun Raya Cibodas dihimbau untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sesuai protokol kesehatan Covid-19, sebagai berikut:

A. Perilaku kebiasaan baru pegawai saat akan berangkat ke kantor:
1. Pegawai membiasakan diri memakai pakaian yang tertutup.
2. Pegawai menghindari pemakaian aksesoris.
3. Pegawai membawa hand sanitizer, multivitamin, alat makan dan alat ibadah milik sendiri, agar tidak perlu berbagi dengan pegawai lain/orang lain.
4. Pegawai menggunakan masker sebagai penutup mulut dan hidung, serta menggunakan sarung tangan.
5. Pegawai menghindari penggunaan kendaraan umum. Bagi pegawai yang tidak memiliki kendaraan pribadi, Kebun Raya Cibodas menyediakan layanan antar jemput khusus pegawai.

B. Perilaku kebiasaan baru saat pegawai masuk kawasan kantor:
1. Pegawai melakukan pengecekan suhu tubuh. Pegawai yang bersuhu tubuh di atas 37.5°C atau sedang dalam kondisi demam tidak diperkenankan masuk kawasan Kebun Raya Cibodas.
2. Pegawai membiasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
3. Pegawai harus memastikan sepatu yang dikenakannya selalu bersih.
4. Pegawai membiasakan diri tidak berjabat tangan, dan selalu menjaga jarak minimal 1 m saat berada bersama dengan pegawai lain.

C. Perilaku kebiasaan baru saat tiba di rumah:
1. Pegawai tidak melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga setiba di rumah.
2. Pegawai segera membersihkan diri dan berganti pakaian bersih.

Sahabat Kebun Raya Cibodas, demikianlah perilaku kebiasaan baru yang harus dijalankan secara ketat oleh pegawai Kebun Raya Cibodas, agar tetap produktif dan aman dari Covid-19.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat diadopsi juga oleh sahabat semuanya.(FK/FK)