Kegiatan Pemanduan Pelajar SMPN 1 Cugenang Cianjur

Kunjungan dari siswa-siswi SMP N 1 Cugenang dilakukan selama tiga hari, yaitu Sabtu (7/3), Senin (9/3) dan Sabtu (14/3). Kunjungan ini dalam rangka belajar tentang keanekaragaman hayati dari tumbuhan lumut, tumbuhan paku-pakuan dan tumbuhan berbiji. setiap kunjungan sebanyak lebih kurang 100 orang didampingi oleh 3 orang pemandu. mereka berkeliling kebun raya dan dijelaskan tentang materi tanaman yang mereka temui. seluruh siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, dan para guru mendampingi serta mengarahkan dengan memberikan tugas kepada siswa untuk mendengarkan dan menyimak seluruh pemaparan dan informasi yang diberikan oleh pemandu dan mengharuskan siswanya untuk mengisi LKS dan membuat laporan kegiatan.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.00 setiap harinya dan dilakukan selama dua jam. kegiatan pemanduan hari Sabtu (7/3) difasilitasi oleh pemandu Muslim, Juanda dan Cahyadi, hari Senin (9/3) difasilitasi oleh pemandu Winarni, Eko Susanto dan Mahmudin, sedangkan untuk hari Sabtu (14/3) akan difasilitasi oleh Yudi Suhendri, Rustandi dan Cahyadi.

Kami berharap semoga kegiatan ini memberikan manfaat kepada siswa SMPN 1 Cugenang untuk lebih mengenal keanekargaman hayati yang ada di Kebun Raya Cibodas dan membantu mereka dalam proses pembelajaran di sekolah agar mereka tidak jenuh dan ada alternatif kegiatan lain dalam belajar. selain itu, dengan belajar langsung di lapangan, diharapkan siswa akan lebih dapat memahami dan menerima materi dengan lebih baik dibandingkan jika hanya belajar di ruang kelas. selain itu mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi penyemangat baru dalam belajar dan mengenal keunikan-keunikan yang dimiliki oleh flora nusantara.

Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas

Cetak

Kebun Raya Cibodas - LIPI