Lily Africa

Nama Ilmiah: Agapanthus africanus
Suku: Amaryllidaceae

Agapanthus  termasuk ke dalam Suku bakung-bakungan atau Amaryllidaceae. Tumbuhan ini dapat hidup sepanjang tahun, memiliki umbi dan bunga yang bentuknya khas. Kata Agapanthus sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Agape” yang berarti love dan “Anthos”, yang berarti bunga. Jadi Agapanthus bisa diartikan sebagai Bunga Cinta. Tanaman Agapanthus africanus berasal dari Afrika sehingga orang-orang menyebutnya sebagai Lily Africa. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah dipelihara dan tidak terlalu membutuhkan perawatan secara khusus.

Perbanyakan

Dapat dikembangbiakan dengan biji atau melalui pemisahan akarnya. Warna bunganya ada yang putih atau biru. Agapanthus biasa berbunga selama musim panas (Desember – Februari) dan dapat tumbuh dengan jumlah bunga yang lumayan banyak, asal tidak dihalangi oleh pepohonan disekitarnya, sehingga dapat menerima sinar matahari lebih banyak. Sinar matahari memang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman ini.

Manfaat

Tanaman Agapanthus mempunyai nilai ekonomis tinggi dimanfaatkan sebagai bunga potong/ hias dan banyak dibudidayakan dengan jumlah besar. (Sumber: http://blogs.unpad.ac.id/curiexocia/2010/06/12/agapanthus-atau-disebut-juga-bunga-cinta-2/)

TATANG/ KRC