Terhitung mulai tanggal 24 Oktober 2015, UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI menetapkan larangan masuk bagi kendaraan bermotor ke dalam area Kebun Raya pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional.

- Zona Integritas, untuk Kebun Raya Cibodas menuju WBK -
English or other language
Beranda
User: 2 online | Hari ini: 190 kunjungan | Total: 341560 kunjungan | Pencarian:
Kelembagaan
Layanan
Tematik
Penelitian
Link
Kebun Raya Cibodas

Perpustakaan

Teknologi informasi adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan, menghasilkan, mengolah, serta menyebarkan informasi. Informasi mencangkup 4 kategori, yaitu numerik (angka), audio (suara), teks (tulisan), dan  citra (gambar dan satir/citra). Bentuk-bentuk teknologi informasi antara lain telekomunikasi, sistem komunikasi optik, sistem pita-video dan cakram-video, komputer, mikrobentuk, komunikasi suara dengan bantuan komputer, jaringan kerja data, surat elektronik, video teks dan teleteks. (Sulistyo-Basuki, 1993 : 87)

Penerapan Teknologi Informasi saat ini telah menyebar hampir di semua bidang tidak terkecuali di perpustakaan. Pengertian perpustakaan menurut sulistyo basuki dalam bukunya pengantar ilmu perpustakaan “Perpustakaan merupakan suatu ruangan, bagian dari sebuah gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata urutan tertentu untuk digunakan oleh pengguna, bukan untuk dijual” (Sulistyo-Basuki, 1993:3).

Kebutuhan akan TI sangat berhubungan dengan  fungsi perpustakaan sebagai agen pelestari dan penyebar ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang berkembang. Proses pelestarian dan penyebaran ilmu pengetahuan dapat dipermudah dengan penerapan TI di perpustakaan. Sebagai contoh, dengan adanya teknologi digital memungkinkan pihak pengelola perpustakaan melestarikan  kandungan informasi ke dalam bentuk yang lebih efesien. Satu keping CD (Compact Disc) yang berkapasitas 750 MB dapat memuat buku yang telah didigitalisasi sebanyak kurang lebih 75 eksemplar (dengan asumsi besar  file  rata-rata perbuku 10 MB). 

Perpustakaan Kebun Raya Cibodas berada di bawah UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, dalam kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Perpustakaan Kebun Raya Cibodas adalah perpustakaan khusus dalam bidang botani dan konservasi. Perpustakaan ini merupakan fasilitas penunjang utama dalam kegiatan penelitian dan diharapkan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, imbas dari perkembangan teknologi informasi tersebut Perpustakaan Kebun Raya Cibodas penyimpanan buku dan informasinya sejak awal tahun 2010 melangkah dari tahapan konsep lama (manual) ke arah digital karena keberadaan perpustakaan digital mempunyai banyak manfaatnya terutama dalam temu kembali informasi (information retrieval system).

Ada beberapa alasan/ latar belakang (faktor-faktor yang mendorong) Perpustakaan Kebun Raya Cibodas dalam membangun perpustakaan digital, secara garis besar sebagai berikut : tuntutan perkembangan dan kemajuan bidang teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, mengharuskan perubahan paradigma dan kinerja peda pusat-pusat atau sumber informasi; Koleksi perpustakaan kebun raya cibodas yang merupakan asset berharga bagi kebun raya cibodas sendiri (keunikan koleksi); Permintaan/ kebutuhan  pengguna  yang  tinggi (  High - demand collections) akan koleksi dan informasi tentang ilmu hayati; Komunitas Pengguna (Patron Community) yang besar, Karena besarnya komunitas pengguna, maka berdampak pada jangkauan  layanan yang luas.

Penerapan teknologi informasi  pada perpustakaan khususnya dalam sistem digitalisasi dan jaringan, menunjukkan bahwa teknologi informasi ini memberikan pengaruh  besar dan keuntungan bagi perkembangan perpustakaan dan juga kemudahan kepada pengguna untuk mengakses informasi. Sekarang pengguna dapat mencari buku dan sumber informasi yang diinginkan melalui penelusuran katalog online atau OPAC (online public access catalague). Dengan adanya perpustakaan digital mempercepat dan mempermudah dalam pencarian informasi yang dibutuhkan.

 

VISI PERPUSTAKAAN KRC
Menjadi pusat dokumentasi dan informasi yang unggul dalam bidang botani dan konservasi tumbuhan

 

MISI PERPUSTAKAAN KRC
1. Memberikan layanan informasi khususnya dalam bidang botani dan konservasi tumbuhan.
2. Menyediakan berbagai informasi untuk menunjang kegiatan pendidikan dan penelitian.
3. Membantu para peneliti dan masyarakat dalam mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan.

 

PERATURAN
1.Peminjam Koleksi hanya ditujukan kepada anggota perpustakaan,
2.Sekali dalam peminjaman maksimal 3 koleksi,
3. Peminjaman koleksi harus sepengetahuan Pustakawan,
4. Untuk koleksi baru yang belum diolah tidak bisa dipinjam, kecuali koleksi sudah terdata dalam database,
5. Masa berlaku peminjaman koleksi 1 minggu, dan dapat diperpanjang apabila masih dibutuhkan,
6. Untuk peminjaman koleksi baru hanya 3 hari, hal ini untuk memberikan kesempatan bagi peminjam lainnya,
7. Masa peminjaman hanya berlaku pada jenis koleksi sirkulasi, sedangkan untuk jenis koleksi referensi (kamus, Direktori, Ensiklopedia dan koleksi referensi lainnya) masa peminjaman hanya 1 hari, dan dapat diperpanjang apabila masih dibutuhkan,
8. Tidak dibenarkan mencorat-coret, melipat, dan segala hal yang bisa merusak koleksi yang dipinjam,
9. Apabila koleksi yang dipinjam hilang, peminjam bertanggung jawab untuk mengganti dengan koleksi yang sama atau dengan mengganti buku lain yang sesuai.

 

Oleh: Anggi Kirana

Digital Library Kebun Raya Cibodas
Statistik Jumlah Kunjungan Website Harian
24-01-2017
190
23-01-2017
291
22-01-2017
41
Statistik Jumlah Kunjungan Website Tahunan
2017
5032
2016
110844
2015
83328
Galeri Foto Artikel
  • Berita
    Berita tentang seputar Kebun Raya Cibodas

  • Keanekaragaman Flora
    Berisi tentang berbagai keindahan dan keunikan dari berbagai flora Kebun Raya Cibodas

  • Koleksi
    Berisi mengenai informasi koleksi-koleksi di Kebun Raya Cibodas

  • Konservasi
    Berisi tentang informasi konservasi yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Lain-Lain
    Berisi informasi-informasi lainnya seputar Kebun Raya Cibodas

  • Layanan
    Berisi informasi-informasi seputar pelayanan Kebun Raya Cibodas

  • Pendidikan Lingkungan
    Berisi tentang informasi pendidikan lingkungan yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

  • Penelitian
    Berisi tentang informasi penelitian yang dilakukan oleh Kebun Raya Cibodas

Artikel lainnya >>
Download Download lainnya >>
UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas - LIPI
PO. Box. 19 Sdl. Sindanglaya Cipanas Cianjur 43253
Telp. 0263-520448, 511385 Fax. 0263-512233
jasin.krcibodas@mail.lipi.go.id

Facebook - Twitter - Youtube - Google+



Powered by Cibodas Botanic Gardens ~ © Copyright 2009-2017 Jasa dan Informasi Kebun Raya Cibodas ~ Untuk tampilan terbaik, gunakan browser Mozilla Firefox