Talenta Peneliti Perempuan Untuk Kemajuan Riset Indonesia

Ainun Nadhifah, perempuan peneliti Pusat Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya yang memiliki talenta untuk kemajuan riset Indonesia. Ia menyelesaikan studi Master of Science di bidang biologi dari University of South Florida fokus pada taksa Bryophyta (tumbuhan lumut). Ainun meneliti keragaman lumut terutama jenis-jenis yang terdapat di Indonesia. Menurutnya, tumbuhan lumut merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki potensi namun belum banyak dipelajari khusunya di Indonesia.

Beberapa publikasi nasional dan internasional yang ditulisnya telah terbit. Salah satunya adalah “Petunjuk Lapangan Tumbuhan Lumut untuk Pemula” yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat yang ingin mempelajari tumbuhan lumut.

Penelitian tentang lumut sangat luas bidangnya mulai dari tingkat molukuler hingga ekosistem. Ainun fokus pada sistematika tumbuhan atau taksonomi tumbuhan, di mana kegiatan utamanya adalah melakukan koleksi dan identifikasi. Ia juga mendeskripsikan tumbuhan koleksi yang didapatinya saat eksplorasi. Aktivitasnya yang lain adalah melakukan pembimbingan kepada mahasiswa yang melakukan penelitian tumbuhan lumut di Kebun Raya Cibodas LIPI. Mereka mengidentifikasi lumut dan mempelajari materi tentang lumut lebih dalam.

Ainun berharap, tumbuhan lumut ini semakin dikenal oleh masyarakat dan penelitian tentang kelompok tumbuhan ini dapat lebih berkembang khususnya di Indonesia, mengingat selama ini tumbuhan lumut banyak diabaikan karena dianggap tidak memiliki manfaat. [TU]

Talenta Peneliti Perempuan Untuk Kemajuan Riset Indonesia
Telah dibaca: 441 kali